Tautan-tautan Akses

Hungaria Pertimbangkan Buat Pagar di Perbatasan dengan Serbia


Para migran melewati perbatasan Serbia dan Hungaria (foto: dok).

Para migran melewati perbatasan Serbia dan Hungaria (foto: dok).

Pemerintah Hungaria mempertimbangkan membuat pagar setinggi empat meter di perbatasan dengan Serbia guna menghentikan arus masuk migran.

Menteri Luar Negeri Hungaria hari Rabu (17/6) mengatakan negaranya sedang mempertimbangkan membuat pagar setinggi empat meter di perbatasan dengan Serbia guna menghentikan arus masuk migran.

"Pemerintah Hungaria berkomitmen membela Hungaria dan membela rakyat Hungaria dari tekanan imigrasi, '' ujar Menteri Luar Negeri Peter Szijjarto.

Menlu Hungaria Peter Szijjarto, memberikan keterangan pers di Budapest Rabu (17/6).

Menlu Hungaria Peter Szijjarto, memberikan keterangan pers di Budapest Rabu (17/6).

Ia mengatakan pagar sepanjang 175 kilometer di perbatasan Hungaria selatan dengan Serbia itu tidak akan berbenturan dengan kewajiban hukum internasional Hungaria. Ditambahkan, pemerintah Hungaria dan Serbia akan mengadakan KTT pada 1 Juli.

Menteri Dalam Negeri Serbia, Nebojsa Stefanovic, meminta Uni Eropa membantu negaranya menjaga perbatasan dari gelombang migran, yang menurutnya berasal dari Yunani dan Bulgaria.

Langkah ini akan memungkinkan Hungaria, misalnya, harus menerima pencari suaka dari Serbia atau Yunani, dua negara yang menurut Uni Eropa tidak memiliki infrastruktur yang diperlukan untuk menjamin keselamatan mereka.

Sejak pertengahan tahun 2014, jumlah migran dan pencari suaka yang masuk ke Hungaria, umumnya dari perbatasan selatan dengan Serbia, telah meningkat tajam.

XS
SM
MD
LG