Tautan-tautan Akses

Hungaria Ambil Alih Perusahaan Penumpah Limbah Beracun


Para pekerja bersiap melakukan pembersihan limbah beracun yang menggenangi jalan-jalan di Devecser, Hungaria barat.

Para pekerja bersiap melakukan pembersihan limbah beracun yang menggenangi jalan-jalan di Devecser, Hungaria barat.

Polisi Hungaria telah menangkap Zoltan Bakonyi, direktur perusahaan aluminium yang menumpahkan limbah beracun minggu lalu di Hungaria barat.

Pemerintah Hungaria mengambil alih MAL Ltd., perusahaan aluminium yang limbah kimia pabriknya tumpah minggu lalu di Hungaria barat, sehingga menyebabkan banjir limbah beracun yang merugikan dua kota, menewaskan delapan orang dan membunuh semua satwa liar di sungai Marcal.

Kepala penanganan bencana Nasional Gyorgy Bakondi hari Selasa mengumumkan nama orang yang ditunjuk pemerintah memimpin pabrik itu.

Polisi Hungaria telah menangkap direktur perusahaan itu, Zoltan Bakonyi. Perdana Menteri Viktor Orban mengatakan kepada parlemen bencana ekologi 4 Oktober itu akibat kecerobohan manusia.

Pakar-pakar Uni Eropa yang dikirim ke Hungaria untuk menyelidiki dampak limbah beracun itu tidak yakin kawasan-kawasan yang kena dampak bisa dibersihkan dari racun sepenuhnya.

Laurent de Pierrefeu, juru bicara Uni Eropa hari Selasa mengatakan para pakar masih menganalisa informasi yang sudah terkumpul. Ia mengatakan mereka akan memberi tahu pemerintah Hungaria jika sudah mengetahui masa depan kawasan di sekitar Devecser yang terkena bencana itu.

XS
SM
MD
LG