Tautan-tautan Akses

Hujan Lebat Guyur Pesisir Timur AS, 5 orang Tewas


Badai tropis Lee mengakibatkan banjir di kota New Orleans (3/9). Hujan deras akibat badai Lee menghantam kawasan pantai Timur AS, dan diperkirakan berlangsung sampai Minggu.

Badai tropis Lee mengakibatkan banjir di kota New Orleans (3/9). Hujan deras akibat badai Lee menghantam kawasan pantai Timur AS, dan diperkirakan berlangsung sampai Minggu.

Para peramal cuaca menyebut hujan itu merupakan sisa-sisa Badai Tropis Lee, dan diperkirakan berlangsung hingga hari Minggu.

Hujan lebat terus mengguyur beberapa bagian timur laut Amerika, memaksa keluarnya perintah evakuasi terhadap lebih dari 100 ribu orang, dan menewaskan paling sedikit lima lainnya.

Dinas Cuaca Nasional hari Jumat mengeluarkan peringatan banjir mulai dari negara bagian Virginia mengarah ke pesisir timur hingga ke negara bagian New York dan Connecticut. Para peramal cuaca menyebut hujan itu merupakan sisa-sisa Badai Tropis Lee, dan mengatakan imbas badai tersebut akan berlangsung hingga hari Minggu.

Beberapa jam sebelumnya, para pejabat menyebut dua orang di Virginia bagian utara dan sedikitnya tiga orang di Pennsylvania tewas akibat cuaca buruk.

Hari Kamis, para pejabat negara bagian Pennsylvania memerintahkan 100 ribu orang untuk meninggalkan rumah dan lingkungan di sekitar Sungai Susquehanna sebelum malam tiba. Hujan mengakibatkan sungai meluap dan para pejabat menyatakan kemungkinan tingginya mencapai sekitar 12,5 meter, setinggi tanggul-tanggul yang dirancang untuk mencegah banjir di sekitar sungai.

Walikota Wilkes-Barre telah memberitahu warga bahwa mereka harus bersiap-siap meninggalkan rumah selama 72 jam, dan membawa cukup banyak baju, makanan dan obat-obatan.

Dalam berita lainnya dari Amerika, lebih dari sejuta orang di Kalifornia selatan bersiap-siap menghadapi malam ini dalam kegelapan setelah kemacetan besar mematikan listrik di dan sekitar kota San Diego.

Para pejabat menyalahkan kabel transmisi di Arizona yang dengan otomatis mematikan dua reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir di San Onofre dekat San Diego. Mereka sudah memastikan bahwa penyebabnya bukan terorisme, tetapi mengatakan mereka tidak tahu apa yang menyebabkan kabel macet. Perusahaan listrik mengatakan mereka sedang bekerja untuk menyalakan lampu kembali dan memberitahu penduduk agar siap menghadapi malam ini tanpa listrik.

Pemadaman itu memutuskan aliran listrik ke sebagian San Diego, beberapa daerah Arizona, dan ke selatan di Baja Kalifornia dan Tijuana di Meksiko utara. Listrik padam tidak lama sebelum jam keramaian Kamis sore, yang memacetkan lalu-lintas di tengah kota dan menghentikan pelayanan angkutan tram. Stasiun radio dan televisi tidak mengudara dan penerbangan dari bandara setempat dihentikan.

XS
SM
MD
LG