Tautan-tautan Akses

Presiden Venezuela Masih dalam Kondisi ‘Lemah’


Presiden Venezuela Hugo Chavez (kiri) bersama Wapres Nicolas Maduro di Caracas. (Foto: dok)

Presiden Venezuela Hugo Chavez (kiri) bersama Wapres Nicolas Maduro di Caracas. (Foto: dok)

Wapres Nicolas Maduro mengatakan Presiden Hugo Chavez kini berada dalam kondisi kesehatan yang lemah pasca pembedahan kanker di Havana bulan lalu.

Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan Presiden Hugo Chavez kini berada dalam kondisi kesehatan yang “lemah” setelah pembedahan kanker bulan lalu di Kuba.

Wakil Presiden Nicolas Maduro mengatakan ia telah menjenguk Hugo Chavez dua kali di Kuba. Dalam komentar yang ditayangkan hari Selasa oleh jaringan Telesur, Nicolas Maduro mengatakan Hugo Chavez menghadapi situasi lemah pasca operasi 11 Desember lalu.

Nicolas Maduro kembali ke Venezuela hari Rabu setelah mengunjungi Kuba.

Presiden Hugo Chavez pertama kali didiagnosis menderita kanker pada pertengahan tahun 2011 dan telah menjalani beberapa pembedahan, kemoterapi dan radiasi. Ia tidak pernah mengungkapkan jenis atau seberapa parah kanker yang dideritanya.

Di Caracas, ibukota Venezuela, timbul reaksi beragam terkait keterbukaan pemerintah selama ini dalam mengeluarkan informasi tentang kondisi Presiden Chavez.

Chavez, dijadwalkan akan dilantik untuk enam tahun masa jabatan baru tanggal 10 Januari mendatang. Konstitusi Venezuela menetapkan jika presiden meninggal dunia atau dinyatakan tidak mampu menjalankan tugasnya, pemilihan presiden baru harus diadakan dalam waktu 30 hari. Sebelum pergi ke Havana, Chavez menunjuk Maduro sebagai penggantinya jika ia tidak mampu kembali menjalankan tugas-tugasnya.
XS
SM
MD
LG