Tautan-tautan Akses

Hubungan Militer AS-Tiongkok Dapat Terhenti Jika Terjadi Sengketa


Wakil Menteri Pertahanan AS urusan Kebijakan, Michele Flournoy.

Wakil Menteri Pertahanan AS urusan Kebijakan, Michele Flournoy.

Para pejabat pertahanan AS dan Tiongkok yang mengadakan pertemuan di Pentagon tidak sepakat soal hubungan mereka jika terjadi sengketa.

Para pejabat tinggi pertahanan Amerika dan Tiongkok yang mengadakan pertemuan di Pentagon telah menyepakati beberapa pembicaraan dan pertukaran untuk tahun depan, tetapi tidak sepakat untuk mempertahankan hubungan mereka dalam setiap sengketa yang kemungkinan akan terjadi.

Wakil Menteri Pertahanan Amerika urusan Kebijakan, Michele Flournoy, menggambarkan pembicaraan sepanjang hari Jumat itu “berterus-terang.” Namun, dia tidak mau mengatakan apakah pejabat Tiongkok, Jenderal Ma Xiaotian, memberi janji untuk tidak membekukan hubungan sebagai protes atas kebijakan Amerika.

Tiongkok secara rutin memutuskan hubungan militer dengan Amerika Serikat untuk memrotes kebijakan yang tidak disukainya. Pejabat Amerika telah mengatakan mereka menghendaki hubungan militer yang lebih stabil.

Hubungan pertahanan Amerika Tiongkok baru saja pulih dari penghentian 8 bulan oleh Tiongkok sebagai protes atas penjualan senjata Amerika kepada Taiwan. Flournoy mengatakan Pembicaraan Pertahanan Tahunan yang ke-11 itu adalah bagian dari usaha untuk memulai kembali hubungan.

XS
SM
MD
LG