Tautan-tautan Akses

PM Inggris: Hubungan Media dan Politisi Terlalu Erat


PM Inggris David Cameron saat memberi kesaksian di hadapan panel etika media di London, mengenai hubungannya dengan Rupert Murdoch (14/6),

PM Inggris David Cameron saat memberi kesaksian di hadapan panel etika media di London, mengenai hubungannya dengan Rupert Murdoch (14/6),

Perdana Menteri Inggris David Cameron telah memberi kesaksian di hadapan panel etika media mengenai hubungannya dengan raja media Rupert Murdoch.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron mengatakan kepada panel independen yang didanai pemerintah bahwa para politisi dan media memiliki hubungan yang terlalu erat selama dua dekade terakhir. Ia mengatakan, perlunya menetapkan peraturan yang lebih transparan dan lebih baik karena sistem saat ini tidak berfungsi.

Perdana Menteri Cameron mengatakan, kebijakan-kebijakannya didasarkan pada keyakinan dan bukan pada tuntutan atau hubungan dengan pemimpin media. Namun, ia mengakui, dalam sistem politik, dukungan terhadap media tertentu memang ada.

Cameron memerintahkan penyelidikan pengadilan Juli lalu setelah tabloid News of the World milik Murdoch dituduh menyadap telepon seorang anak sekolah yang dibunuh dan telpon-telepon para politisi dan pesohor.

Hubungan perdana menteri itu dengan Murdoch menjadi sorotan setelah Cameron mengangkat mantan editor News of the World, Andy Coulson, sebagai kepala urusan komunikasinya.

Coulson kini menghadapi tuduhan korupsi sehubungan dengan skandal penyadapan telepon itu.

Beberapa saat setelah tuduhan penyadapan telepon diketahui publik, Murdoch menutup News of the World.
XS
SM
MD
LG