Tautan-tautan Akses

Jepang: Hubungan Ekonomi dengan Rusia Lebih Lancar daripada Politik


PM Jepang Shinzo Abe (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan di sela KTT APEC di Lima, Peru, 20 November lalu (foto: dok).

Menteri perdagangan Jepang Hiroshige Seko hari Senin (12/12) mengatakan, hubungan ekonomi negaranya dengan Rusia telah bertumbuh lebih cepat daripada hubungan politik.

Menteri perdagangan Jepang mengatakan hubungan ekonomi negaranya dengan Rusia telah bertumbuh lebih cepat daripada hubungan politik, di mana kira-kira 30 proyek patungan sudah siap untuk ditandatangani apapun yang terjadi dalam masalah wilayah antara kedua negara.

Menteri perdagangan Hiroshige Seko mengatakan hari Senin (12/12) bahwa keputusan terakhir mengenai proyek-proyek tersebut akan terserah kepada Perdana Menteri Shinzo Abe yang akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jepang pekan ini.

Sengketa atas kepulauan Kuril di bagian utara Jepang, yang dinamakan Kepang Wilayah Utara, telah menghambat kedua negara menandatangani perjanjian perdamaian yang dengan resmi akan mengakhiri permusuhan Perang Dunia II.

Walaupun Abe telah berusaha mendorong kemajuan, banyak kalangan yakin terobosan tidak akan mungkin dicapai dalam pembicaraan masalah wilayah hari Kamis dan Jumat. Seko mengatakan hubungan ekonomi lebih erat yang menguntungkan kedua pihak akan membantu tumbuhnya rasa saling mempercayai. [gp]

XS
SM
MD
LG