Tautan-tautan Akses

Hubungan Amerika dan Pakistan Terus Memburuk


Pemimpin militer Pakistan, Jenderal Ashfaq Kayani

Pemimpin militer Pakistan, Jenderal Ashfaq Kayani

Pemimpin militer Pakistan, Jenderal Ashfaq Kayani memimpin sidang khusus dengan sejumlah komandan tertingginya hari Minggu.

Kepala staf Angkatan Darat Pakistan, Jenderal Ashfaq Kayani memimpin sidang khusus dengan sejumlah komandan tertingginya hari Minggu, sambil perang kata-kata dengan Amerika mengakibatkan hubungan kedua negara turun ke tingkat paling rendah.

Pertemuan itu diadakan karena tuduhan Amerika bahwa dinas intelijen Pakistan (ISI) telah membantu apa yang disebut Jaringan Haqqani melancarkan serangan atas pasukan internasional pimpinan Amerika di Afghanistan.

Ketua kepala-kepala staf gabungan Angkatan Bersenjata Amerika, Laksamana Mike Mullen mengatakan kepada Senat Amerika minggu lalu, bahwa jaringan Haqqani itu bertindak sebagai perpanjangan tangan ISI, dan merencanakan serta menjalankan serangan Atas kedutaan Amerika di Kabul dan pangkalan-pangkalan NATO di Afghanistan.

Tuduhan Amerika itu hanya menunjukkan “kebingungan dan kebijakan yang kacau” dalam pemerintahan Amerika, kata perdana menteri Pakistan Yusuf Raza Gilani.

Jenderal Ashfaq Kayani, yang dianggap sebagai orang paling kuat di Pakistan, telah menepiskan tuduhan Amerika itu sebagai tidak berdasar.

Menteri Dalam Negeri Pakistan Rehman Malik hari Minggu mengatakan, jaringan Haqqani itu dulu dibentuk dan dilatih oleh dinas intelijen Amerika (CIA) dengan dukungan Pakistan, untuk melawan pendudukan Uni Soviet atas Afghanistan tahun 1980-an.

XS
SM
MD
LG