Tautan-tautan Akses

HRW Tuding Pemberontak Ukraina Hambat Usaha Kemanusiaan


Separatis pro Rusia siaga di wilayah Donetsk Ukraina timur (4/8).

Separatis pro Rusia siaga di wilayah Donetsk Ukraina timur (4/8).

Kelompok HAM Human Rights Watch (HRW) hari Selasa (5/8) menuduh para pemberontak pro-Rusia memperparah krisis kemanusiaan di Ukraina timur.

Sementara pasukan Ukraina mengepung sebuah kota penting yang dikontrol pasukan pro-Rusia di Ukraina timur, sebuah kelompok HAM menuduh para pemberontak memperparah krisis kemanusiaan yang dipicu bentrokan kekerasan yang telah berlangsung empat bulan.

Human Rights Watch, kelompok HAM berbasis di Amerika, mengeluarkan sebuah pernyataan, Selasa, yang mengatakan serangan-serangan pemberontak terhadap personel dan fasilitas medis telah menyulitkan warga sipil mendapatkan layanan medis.

Kelompok HAM itu mengatakan, pasukan separatis mencuri dan menghancurkan peralatan medis dan perabotan rumah sakit lainnya, membajak ambulan dan menggunakan kendaraan itu untuk mengangkut para pejuang mereka.

Human Rights Watch juga mengatakan, sedikitnya dua pekerja medis tewas akibat serangan mortir yang kemungkinan dilakukan pasukan Ukraina.

Para pejabat departemen pertahanan Ukraina mengatakan, Senin, bahwa persiapan sedang berlangsung untuk mengambil alih kota Donetsk, di Ukraina timur, yang dikontrol pemberontak – kubu pertahanan terakhir separatis pro-Rusia yang bersenjata berat yang mengusahakan otonomi dari Kyiv.

XS
SM
MD
LG