Tautan-tautan Akses

HRW: Milisi Libya Siksa dan Eksekusi Pendukung Gaddafi yang Ditahan


Milisi Libya yang menumbangkan rezim Gaddafi dituduh melakukan penyiksaan dan eksekusi atas para pendukung Gaddafi yang ditahan (foto: dok).

Milisi Libya yang menumbangkan rezim Gaddafi dituduh melakukan penyiksaan dan eksekusi atas para pendukung Gaddafi yang ditahan (foto: dok).

Laporan Human Rights Watch menyatakan milisi memukuli para anggota konvoi Gaddafi yang ditahan itu secara brutal dan kemudian mengeksekusi 66 orang di antaranya.

Human Rights Watch menyatakan memiliki bukti baru yang menunjukkan bahwa pasukan yang menentang Moammar Gaddafi telah memukuli dan mengeksekusi para pendukung Gaddafi setelah penangkapan dan tewasnya mantan pemimpin Libya itu tahun lalu.

Gaddafi meninggal dunia pada 20 Oktober 2011, setelah iring-iringan para pendukungnya yang berusaha melarikan diri dari kota Sirte dihantam serangan udara dan diserang oleh para anggota milisi.

Laporan yang dilansir hari Rabu itu menyatakan milisi memukuli para anggota konvoi Gaddafi yang ditahan itu secara brutal dan kemudian mengeksekusi 66 orang di antaranya di sebuah hotel di dekatnya.

Organisasi itu menyatakan rekaman video dari ponsel menunjukkan sekelompok tahanan dicaci maki dan dianiaya. Human Rights Watch menyatakan memanfaatkan video dan foto-foto dari kamar mayat rumah sakit untuk mencocokkan sedikitnya 17 tahanan dengan jenazah yang ditemukan di hotel.

Menurut organisasi itu, temuan-temuan ini juga mempertanyakan kesimpulan para pejabat Libya bahwa Gaddafi tewas dalam baku tembak antara pendukungnya dan pasukan pemerintah sementara. Disebutkan bahwa Gaddafi dan putranya, Mutassim, tampak dalam keadaan hidup dalam rekaman video yang diambil setelah penangkapan mereka, namun belakangan didapati tewas.
XS
SM
MD
LG