Tautan-tautan Akses

HRW Desak Obama Agar Tekan Kuba Untuk Perubahan 'Konkret'


Presiden Amerika Barack Obama (kiri) dan Presiden Kuba Raul Castro (Foto: dok).

Presiden Amerika Barack Obama (kiri) dan Presiden Kuba Raul Castro (Foto: dok).

Presiden Obama, diperkirakan akan menghadiri pertandingan bisbol dengan Presiden Kuba Raul Castro, juga akan mengadakan diskusi dengan mitra Kubanya dan para pengecam pemerintah.

Sebuah pemantau hak asasi manusia telah meminta Presiden AS Barack Obama agar menekan pemerintah Castro untuk menerapkan langkah-langkah konkret guna mengakhiri penindasan sistematis di Kuba ketika dia mengunjungi pulau itu minggu depan.

"Pesannya mengenai hak asasi manusia harus kuat dan spesifik, atau lawatan itu mungkin diingat oleh orang Kuba yang telah menderita setengah abad sebagai tidak lebih dari ikatan terkait bisbol," kata Direktur Human Rights Watch untuk negara-negara Amerika Jose Miguel Vivanco.

Obama, yang diperkirakan akan menghadiri pertandingan bisbol dengan Presiden Kuba Raul Castro, juga akan mengadakan diskusi dengan mitra Kubanya dan para pengecam pemerintah. Pidato yang disiarkan langsung oleh televisi pemerintah juga dalam jadwal pemimpin AS itu selama di Kuba.

HRW mengatakan situasi hak asasi manusia di Kuba umumnya "tidak berubah" sejak 2014 ketika Obama dan Castro mengumumkan perjanjian untuk menormalkan hubungan diplomatik. [as/uh]

XS
SM
MD
LG