Tautan-tautan Akses

Pemberontak Houthi Kuasai Istana Presiden Yaman di Aden


Seorang anggota pemberontak Houthi di Yaman (foto: dok). Pemberontak Syiah Houthi merebut istana Presiden di Aden, Yaman selatan.

Seorang anggota pemberontak Houthi di Yaman (foto: dok). Pemberontak Syiah Houthi merebut istana Presiden di Aden, Yaman selatan.

Pemberontak Syiah Houthi hari Kamis (2/4) berhasil merebut istana kepresidenan di Aden, kota pelabuhan di Yaman selatan.

Pejabat-pejabat Yaman mengatakan pemberontak Syiah Houthi hari Kamis (2/4) telah merebut istana kepresidenan di Aden, kota pelabuhan sebelah selatan negara itu.

Pemberontak itu berhasil setelah berhari-hari melawan pasukan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang telah meninggalkan kota itu minggu lalu. Houthi merebut Sana’a, ibukota Yaman, tahun lalu.

Direbutnya Aden, kubu terakhir pendukung Presiden Hadi, adalah kemunduran bagi koalisi pimpinan Arab Saudi yang telah menggempur lokasi-lokasi pemberontak itu lebih dari seminggu ini lewat udara.

Dalam jumpa pers di Riyadh, ibukota Arab Saudi, seorang pejabat pertahanan negara itu mengatakan situasi di Aden “relatif stabil dan tenang.”

Juga Kamis, militan al-Qaida menyerbu sebuah penjara di Yaman selatan dan membebaskan 300 narapidana. Termasuk di antaranya adalah Khalid Batarfi, tokoh terkemuka al-Qaida di Semenanjung Arab.

XS
SM
MD
LG