Tautan-tautan Akses

Hong Kong Adakan Pameran Patung Karya Pembangkang Tiongkok


“Marble Arm” – patung karya Ai WeiWei tahun 2007, yang ikut dipamerkan dalam pameran di Hong Kong (25/5).

“Marble Arm” – patung karya Ai WeiWei tahun 2007, yang ikut dipamerkan dalam pameran di Hong Kong (25/5).

Seniman-aktivis terkenal Ai WeiWei ditahan sejak 3 April lalu sewaktu pemerintah Tiongkok melakukan penumpasan aktivis.

Sebuah pameran seni internasional di Hong Kong kini memamerkan seni pahat provokatif oleh Ai WeiWei – seniman Tiongkok yang kini dipenjara – dalam apa yang disebut sebagai pameran untuk mendukung pembangkang yang suka berterus terang itu.

Pameran Seni Hong Kong ini dibuka hari Rabu dengan memamerkan “Marble Arm” – patung karya Ai WeiWei tahun 2007, yang menggambarkan lengan dan tangan terjulur, dengan jari tengah teracung.

Seniman-aktivis terkenal itu ditahan 3 April sewaktu pemerintah Tiongkok melakukan penumpasan terhadap para pembangkang, aktivis, penulis dan pengacara.

Kantor berita resmi Tiongkok Xinhua minggu lalu mengatakan Ai WeiWei menghadapi tuduhan mengelak “pembayaran sejumlah besar” pajak dan penghancuran dokumen-dokumen keuangan.

Aktivis-aktivis HAM mengatakan Pemerintah Tiongkok sering menggunakan tuduhan pelanggaran keuangan sebagai alasan untuk menahan para pembangkang.

Penahanan Ai WeiWei telah memicu protes keras internasional, dimana para pencinta seni, pejabat pemerintah dan aktivis HAM di seluruh pelosok Amerika dan Eropa, menuntut pembebasannya. Karya seni Ai WeiWei telah dipamerkan di seluruh dunia, termasuk dua pameran baru-baru ini di New York dan London.

XS
SM
MD
LG