Tautan-tautan Akses

Holmesburg, Siap Tampung Pemrotes yang Ditangkap Selama Konvensi Partai Demokrat


Penjara Holmesburg di Philadelphia, Pennsylvania, di potret dari udara tahun 1970 (Foto: dok).

Penjara Holmesburg di Philadelphia, Pennsylvania, di potret dari udara tahun 1970 (Foto: dok).

Penjara itu akan digunakan untuk menahan para pemrotes yang ditangkap, apabila diperlukan. Mereka akan ditempatkan di balairung olahraga yang baru direnovasi, dengan fasilitas 100 tempat tidur, kamar mandi dan ber-AC.

Penjara berumur 120 tahun dengan sejarah kontroversial di Philadephia, Pennsylvania, dipersiapkan untuk menampung para pemrotes yang ditangkap selama Konvensi Nasional Partai Demokrat bulan depan.

Penjara Holmesburg, yang ditutup tahun 1995, menggunakan para tahanan sebagai objek proyek biokimia dan riset-riset lain. Menjelang pertengahan tahun 1970, riset di Holmesburg dan penjara-penjara AS lain menurun tajam karena munculnya peraturan federal yang melindungi manusia sebagai obyek riset.

Para pejabat mengatakan, penjara itu akan digunakan untuk menahan para pemrotes yang ditangkap, apabila diperlukan. Mereka akan ditempatkan di balairung olahraga yang baru di renovasi, dan bukan di blok-blok sel lama di mana film-film horor dibuat. Balairung itu memiliki 100 tempat tidur, kamar mandi dan ber-AC.

Para pejabat kota tidak mengantisipasi kemungkinan menangkap para pemrotes dalam jumlah besar pada konvensi 25 hingga 28 Juli. Tiga belas izin demonstrasi telah dikeluarkan, dan lebih dari 50 ribu demonstran diperkirakan akan hadir.

Untuk menghindari penangkapan massal, Dewan Kota pekan lalu menyetujui RUU untuk mendekriminalisasi kejahatan-kejahatan seperti pemblokiran lalu lintas dan perilaku tidak tertib.

Rencana para pejabat kota ini dirancang untuk mencegah terulangnya peristiwa penangkapan massal pada Konvensi Nasional Partai Republik pada tahun 2000, sewaktu polisi menangkap 400 demonstran. Saat itu, beberapa gugatan hukum terkait penangkapan diajukan terhadap Philadephia. [ab/as]

XS
SM
MD
LG