Tautan-tautan Akses

AS

Hollywood Melirik ‘Start-Up’ Teknologi

  • Elizabeth Lee

Aktris dan penyanyi Jennifer Lopez sekarang ini terjun ke bisnis aplikasi permainan untuk peralatan bergerak. (Foto: AP)

Aktris dan penyanyi Jennifer Lopez sekarang ini terjun ke bisnis aplikasi permainan untuk peralatan bergerak. (Foto: AP)

Aplikasi permainan untuk telepon genggam dan komputer tablet sangat potensial menghasilkan uang, membuat selebriti Hollywood melirik bisnis ini.

Telepon pintar (smart phones) dan komputer tablet sangat populer saat ini dan telah menjadi bagian hidup sehari-hari banyak penduduk dunia. Peralatan ini juga telah mendorong ledakan aplikasi bergerak (mobile devices), sesuatu yang saat ini dilirik oleh pihak Hollywood karena dianggap potensial.

Matt Kozlov mungkin hanya direktur sebuah perusahaan baru (start-up) bidang teknologi, namun kantornya bertempat di daerah mewah di Los Angeles dengan pemandangan indah. Bukan sesuatu yang luar biasa jika ada bintang film naik lift ke kantornya.

“Saat ini saya bekerja dengan beberapa pahlawan masa kecil saya, sesuatu yang tidak bisa dimiliki oleh banyak orang,” ujar Kozlov membanggakan diri.

Ia sedang bekerja sama dengan nama-nama besar seperti penyanyi dan aktris Jennifer Lopez dan sutradara John Woo. Perusahaan Kozlov, Moonshark, memproduksi permainan untuk peralatan bergerak.

“Ini pasar yang sedang meledak,” jelasnya. “Saat ini ada ratusan juta peralatan di luar sana yang bisa kita jangkau. Peralatan ini telah mengubah anak-anak berusia delapan tahun atau ibu-ibu berumur 40 tahun menjadi pecandu permainan (games), sesuatu yang tidak pernah kita lihat sebelumnya.”

Kozlov mengatakan bahwa meski konsumen memiliki pilihan ratusan ribu aplikasi permainan yang diciptakan perusahaan-perusahaan yang berbeda-beda, Moonshark masih memiliki keuntungan yang unik.

“Kami satu-satunya perusahaan permainan [untuk alat bergerak] yang didukung oleh agensi,” ujarnya.

Kantor Kozlov terletak di gedung salah satu agensi bakat terbesar di dunia, yaitu Creative Artists Agency (CAA). Agensi tersebut mengembangkan Moonshark dan bermitra dengan perusahaan teknologi nirkabel Qualcomm.

“Tantangan yang paling besar dari perusahaan permainan bergerak adalah bagaimana caranya ditemukan. Bagaimana orang mendapatkan aplikasi yang Anda buat? Bagaimana Anda menonjol di tengah kerumunan? Kami dapat mengangkat telepon dan dalam waktu seminggu, ada di dalam ruangan untuk mempresentasikan ide kami pada selebriti-selebriti papan atas,” ujar Kozlov. “Dan hal itu tidak dapat dilakukan orang lain.”

Matt Mazzeo dari CAA mengatakan bahwa sekarang ini, agensi bakat tidak hanya menemukan pekerjaan atau menegosiasikan kontrak untuk aktor dan atlet, namun juga membantu selebriti di dunia maya agar mereka dapat menjangkau penggemar mereka dengan cara yang berbeda.

“Makin banyak klien di agensi yang memikirkan dunia digital dan perlu memikirkan tentang digital karena terkait dengan karir mereka dalam jangka panjang,” ujar Mazzeo.

CAA telah mendirikan lima perusahaan teknologi, dengan fokus pada olahraga, pendidikan dan hiburan. Agensi tersebut muncul dengan ide, menemukan orang-orang terbaik untuk pekerjaan tersebut dan menggunakan jaringannya untuk menemukan pembiayaan bagi para start-up tersebut.

“Para klien kami akan terus maju ke dalam wilayah-wilayah penceritaan dan cara-cara-cara distribusi yang baru,” kata Mazzeo.

Jennifer Lopez sedang membantu Moonshark dengan aplikasi pertamanya, sebuah permainan tari kejang (break-dancing) dengan jari bernama “Dance Pad”. Ia memberikan nasihat seputar gerakan dansa dan membantu promosinya. Moonshark juga bekerja sama dengan sutradara film laga internasional John Woo dalam permainan laga yang dijadwalkan akan keluar akhir tahun ini.
XS
SM
MD
LG