Tautan-tautan Akses

Hollywood Bersiap untuk Oscar


Patung Oscar tampak di karpet merah untuk Academy Awards ke-86 di Los Angeles.

Patung Oscar tampak di karpet merah untuk Academy Awards ke-86 di Los Angeles.

Hollywood bersiap-siap untuk Academy Awards, atau Oscar hari Minggu (22/2), acara puncak penghargaan bagi insan industri film.

Kandidat utama untuk piala Oscar adalah film drama Birdman, yang dibintangi oleh Michael Keaton yang juga dinominasi untuk kategori aktor terbaik, dan rekan aktor lainnya di film tersebut, Edward Norton dan Emma Stone, sebagai pemeran pembantu dalam film yang berkisah tentang superhero film yang ketenarannya mulai pudar dan mencoba untuk menghidupkan kembali karirnya di panggung Broadway.

Alejandro Inarritu asal Meksiko ikut menulis naskah dan menyutradari film Birdman dan dianggap sebagai kandidat utama untuk memenangkan Oscar dalam kategori sutradara terbaik.

Richard Linklater adalah salah satu kandidat lainnya untuk kategori sutradara terbaik untuk film Boyhood, sebuah film yang dibuat selama 12 tahun. Ethan Hawke dan Patricia Arquette dinominasikan untuk Oscar untuk peran mereka sebagai orang tua dua anak yang tumbuh dan masuk ke usia remaja.

The Imitation Game dari pembuat film Norwegia, Morten Tyldum juga mendapatkan banyak nominasi Oscar. Benedict Cumberbatch akan memperebutkan Oscar untuk kategori aktor terbaik memerankan pemecah kode Perang Dunia II, Alan Turing. Film ini diangkat dari kisah nyata orang-orang yang memecahkan kode rahasia Jerman yang disebut "Enigma."

Keira Knightley bersaing untuk memenangkan Oscar untuk pemeran pembantu.

Kandidat film lainnya adalah The Grand Budapest Hotel, film komedi hasil arahan sutradara Wes Anderson.

Film tentang perang Irak, American Sniper mendapatkan nominasi Oscar untuk Bradley Cooper. Dan kisah tentang uang, kegilaan dan aspirasi Olimpiade, Foxcatcher, juga mendapatkan nominasi untuk Steve Carell dan Mark Ruffalo.

Julianne Moore mendapatkan nominasi untuk pemeran perempuan terbaik berkat penampilannya dalam film Still Alice tentang seorang perempuan yang menunjukkan gejala awal penyakit Alzheimer. Marion Cotillard mendapatkan nominasi pemeran perempuan terbaik lewat perannya dalam film drama Two Days, One Night, dan Rosamund Pike untuk film Gone Girl.

Reese Witherspoon dan Laura Dern juga mendapatkan nominasi untuk film Wild, film yang diangkat dari kisah nyata perjalanan seorang perempuan untuk sembuh dan menemukan jati dirinya.

Salah satu nominasi film berbahasa asing adalah Leviathan tentang korupsi dari Rusia dan film Timbuktu, yang juga diangkat dari kejadian sebenarnya di Mali Utara di bawah kekuasaan jihadis yang represif pada tahun 2012.

Film Virunga termasuk salah satu nominasi untuk film fitur dokumenter. Film itu menyoroti upaya-upaya heroik untuk menyelamatkan gorilla gunung di taman nasional di Republik Demokratik Congo.

Dunia akan memusatkan perhatiannya pada Hollywood pada hari Minggu (22/2) ketika para pemenang diumumkan di upacara penyerahan Oscar di Dolby Theatre.

XS
SM
MD
LG