Tautan-tautan Akses

Richard Holbrooke dalam Kondisi Kritis Setelah Operasi Jantung


Utusan AS untuk Afghanistan dan Pakistan, Richard Holbrooke kini dalam kondisi kritis (foto dokumentasi).

Utusan AS untuk Afghanistan dan Pakistan, Richard Holbrooke kini dalam kondisi kritis (foto dokumentasi).

Holbrooke berada dalam kondisi kritis setelah operasi lebih dari 20 jam untuk mengatasi urat nadi yang pecah dekat jantungnya.

Seorang pejabat Gedung Putih menyebut diplomat Amerika Richard Holbrooke “kuat dan ulet”, sementara Holbrooke berjuang keras memulihkan diri setelah menjalani operasi jantung darurat.

Penasihat presiden David Axelrod mengatakan di televisi Amerika hari Minggu bahwa ia bersama para sejawatnya berdoa agar keuletan tersebut membantu Holbrooke dalam memulihkan kesehatannya.

Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan, Richard Holbrooke berada dalam keadaan kritis setelah menjalani pembedahan di sebuah rumah sakit di kota Washington.

Kemarin, tim dokter mengoperasi Holbrooke untuk memperbaiki urat nadi yang pecah dekat jantungnya. Holbrooke yang berumur 69-tahun itu tadinya adalah Dutabesar Amerika untuk PBB dan arsitek utama Perjanjian Perdamaian Dayton tahun 1995 yang mengakhiri perang di Bosnia-Herzegovina.

Holbrooke dilarikan ke rumah sakit hari Jumat setelah jatuh sakit ketika sedang mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton di kantor Departemen Luar Negeri Amerika.

Presiden Amerika Barack Obama hari Sabtu malam mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan ia dan ibu negara mendoakan Holbrooke, yang disebut Obama sebagai tokoh menonjol dalam kebijakan luar negeri Amerika.

XS
SM
MD
LG