Tautan-tautan Akses

Hizbullah Akan Bantu Perang di Suriah


Pendukung pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, menonton tayangan pidatonya di Mashghara, Bekaa Valley, Lebanon (25/5). (AP/Hussein Malla)

Pendukung pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, menonton tayangan pidatonya di Mashghara, Bekaa Valley, Lebanon (25/5). (AP/Hussein Malla)

Pemimpin kelompok Hizbullah di Lebanon mengatakan akan membantu pemerintah Suriah dalam perang untuk juga melindungi Lebanon dari ancaman Islamis radikal.

Pemimpin kelompok Hizbullah di Lebanon mengatakan kelompoknya tidak akan diam saja sementara tetangganya pemerintah Presiden Bashar al-Assad diserang.

Dalam sebuah pidato Sabtu (25/5), Hassan Nasrallah mengatakan Hizbullah berperang di Suriah untuk melindungi Lebanon dari ancaman Islamis radikal. Ini merupakan yang pertama kali Nasrallah secara terbuka membenarkan kehadiran Hizbullah berperang di Suriah.

Pidato itu disampaikan selagi tentara Suriah dan pejuang Hizbullah yang berbasis di Lebanon melancarkan serangkaian tembakan yang tersengit dalam pertempuran yang sudah berlangsung satu minggu untuk merebut kembali kota strategis Qusair dari pemberontak.

Pengamat hak asasi manusia Suriah yang pro oposisi mengatakan kekerasan Sabtu menewaskan 22 orang. Organisasi itu mengatakan tembakan dan roket yang membombardir dan menghantam jalan-jalan utama kota itu paling sengit sejak serangan dimulai hari Minggu lalu.

Pemberontak berjuang mempertahankan Qusair untuk melindungi jalur pasokan mereka ke Lebanon.
XS
SM
MD
LG