Tautan-tautan Akses

Hindari Ambruknya Perbankan, Siprus Desakkan Kesepakatan


Menteri Keuangan Siprus, Michalis Sarris mengatakan pemerintah Siprus berusaha memenuhi syarat untuk mendapat dana talangan internasional (foto: 20/3).

Menteri Keuangan Siprus, Michalis Sarris mengatakan pemerintah Siprus berusaha memenuhi syarat untuk mendapat dana talangan internasional (foto: 20/3).

Pemerintah Siprus hari Sabtu bergegas menyelesaikan undang-undang guna menghindari ambruknya perbankan, sebelum batas waktu hari Senin.

Menteri Keuangan Siprus, Michalis Sarris hari Sabtu (23/3) di Nicosia melaporkan kemajuan yang signifikan menuju tercapainya kesepakatan. Ia mengatakan undang-undang baru untuk menggalang dana yang dibutuhkan, supaya memenuhi syarat untuk mendapat dana talangan internasional, bisa diselesaikan sedini hari Minggu.

Anggota DPR dilaporkan hampir menyetujui pungutan satu kali atas deposito lebih dari 130 ribu dolar. Presiden Nicos Anastasiades dijadwalkan bertemu para pemimpin partai politik Sabtu malam untuk memberitahu mereka mengenai perundingan itu.

Bank Sentral Eropa memberitahu negara pulau kecil di Laut Tengah itu harus mengumpulkan 7,5 miliar dolar guna memenuhi syarat mendapat pinjaman dana talangan 13 miliar dolar dari negara-negara lain zona euro.

Awal pekan ini, anggota DPR Siprus menolak rencana tidak populer yang akan memberlakukan pajak 10 persen atas semua rekening bank. Penolakan itu disampaikan selagi deposan antri di luar bank-bank Siprus untuk menarik tabungan. Analis memperingatkan, kepanikan deposan kecil bisa menyebar ke negara-negara Eropa lain yang ekonominya goyah.

Jika tidak tercapai kesepakatan, bank-bank Siprus bisa ambruk minggu depan, menyeret negara itu ke kebangkrutan dan kemungkinan keluar dari zona euro yang beranggotakan 17 negara.
XS
SM
MD
LG