Tautan-tautan Akses

Hillary Clinton, Perempuan Pertama AS Rebut Nominasi Calon Presiden


Hillary Clinton, merebut nominasi calon presiden AS dari Partai Demokrat, Selasa (7/6).

Hillary Clinton, merebut nominasi calon presiden AS dari Partai Demokrat, Selasa (7/6).

Hillary Clinton, Selasa (7/6), merebut nominasi calon presiden dari Partai Demokrat, menjadikannya perempuan pertama yang mewakili sebuah partai utama dalam persaingan merebut kursi di Gedung Putih.

Saingannya dari Partai Demokrat, Senator Vermont Bernie Sanders, menang di North Dakota dan Montana pada pemilihan pendahuluan Selasa, sementara Clinton menang di California, South Dakota, New Mexico, dan New Jersey.

Presiden Obama menelpon kedua kandidat Selasa, dan mengucapkan selamat kepada mantan menteri luar negeri Hillary Clinton karena meraih jumlah delegasi yang cukup untuk memastikan nominasi. Ia juga mengucapkan terima kasih pada senator Sanders karena telah memobilisasi jutaan rakyat Amerika dan mengangkat berbagai isu seperti ketidaksetaraan ekonomi.

Sanders mengatakan kepada para pendukungnya di California, ia telah menelpon Clinton Selasa malam dan mengucapkan selamat atas kemenangannya. Ia berbicara mengenai kerjasama untuk mengalahkan Trump namun tidak mengakui bawa Clinton telah memenangkan nominasi. Sanders tidak menunjukkan indikasi bahwa ia berniat untuk mundur dan malah bersumpah untuk terus berjuang.

Hasil pemilihan pendahuluan di California belum diketahui. Sanders berharap bisa merebut sebagian besar delegasi di California, sehingga membuatnya bisa bertahan memperebutkan nominasi hingga konvensi Partai Demokrat Juli mendatang. [ab/as]

XS
SM
MD
LG