Tautan-tautan Akses

Hillary Clinton Menang Telak di South Carolina


Kandidat Presiden AS, Hillary Clinton, menang telak di Columbia, South Carolina, 27 Feb. 2016 (W. Gallo/VOA)

Kandidat Presiden AS, Hillary Clinton, menang telak di Columbia, South Carolina, 27 Feb. 2016 (W. Gallo/VOA)

Hillary Clinton menang telak di South Carolina menjelang pemilu pendahuluan 'Super Tuesday.' Kemenangan ini menunjukkan kepopuleran Hillary yang tidak berubah di kalangan minoritas.

Hillary Clinton dengan mudah memenangkan pemilu pendahuluan calon presiden dari partai Demokrat di negara bagian South Carolina, mengukuhkan status sebagai calon kuat dan meraih kemenangan penting atas Bernie Sanders menjelang kontes pemilu pendahuluan ‘Super Tuesday’ yang penting.

Beberapa media menyatakan mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton sebagai pemenang berdasarkan jajak pendapat di luar TPS-TPS, tak lama setelah pemungutan suara berakhir di South Carolina hari Sabtu.

Hasilnya tidak diragukan. Satu-satunya pertanyaan adalah apakah Bernie Sanders, senator dari Vermont, mampu mengejar ketinggalannya dalam jajak pendapat baru-baru ini di mana ia tertinggal hampir 30 persen.

Pihak kampanye Bernie Sanders segera merilis pernyataan ucapan selamat dari Bernie Sanders kepada Hillary Clinton atas kemenangannya. Kedua kandidat capres itu diperkirakan akan berpidato di hadapan para pendukungnya.

Hillary Clinton, mantan Menlu AS dan istri mantan presiden Bill Clinton, kini menang atau berimbang dalam tiga dari empat kontes pertama pemilihan pendahuluan dalam partai Demokrat, dan unggul jauh dalam jajak pendapat di banyak negara bagian yang siap memberikan suara pekan depan.

Kemenangan di South Carolina ini penting, yang menunjukkan popularitas Hillary Clinton tetap kuat di kalangan minoritas, kata Jim Guth, profesor ilmu politik di Universita Furman di Greenville.

"Ini berarti Hillary memperkuat dukungan yang sudah ada sebelumnya, terutama di kalangan warga berkulit hitam yang mencakup bagian yang sangat besar dari para pemilih utama di sini," kata Jim Guth. [zb]

XS
SM
MD
LG