Tautan-tautan Akses

AS

Hillary Clinton akan Umumkan Pencalonannya sebagai Presiden Hari Minggu


Hillary Rodham Clinton pada sebuah acara 23 Maret 2015.

Hillary Rodham Clinton pada sebuah acara 23 Maret 2015.

Media-media di Amerika melaporkan Hillary Clinton akan mengumumkan secara resmi niatnya untuk bertarung dalam pemilu presiden Amerika tahun 2016 pada hari Minggu (12/4) mendatang.

Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton diperkirakan akan mengumumkan pencalonan dirinya sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat. Seorang pejabat senior partai tersebut mengatakan pengumuman tersebut akan disampaikan Clinton melalui video yang akan diunggah ke internet dan media sosia.

Menurut sumber yang dekat dengan Hillary Clinton ini, setelah pengumuman tersebut ditayangkan, Hillary Clinton akan mengunjungi negara-negara bagian kunci Iowa dan New Hampshire.

Pencalonan ini akan menjadi yang kedua bagi Hillary Clinton setelah usahanya yang gagal pada tahun 2008, ketika Barack Obama memenangkan nominasi partai menuju Gedung Putih.

Hillary Clinton dianggap sebagai tokoh favorit yang memperoleh dukungan besar untuk memenangkan nominasi Partai Demokrat kali ini.

Sebuah jajak pendapat Gallup baru-baru ini mendapati 48 persen mereka yang disurvei memiliki kesan yang baik terhadap Hillary Clinton, rating terendahnya sejak 2008. Empat puluh dua persen mereka yang disurvei memiliki kesan negatif tentang dirinya.

Jika terpilih, mantan ibu negara itu akan menjadi presiden perempuan pertama di Amerika.

Sementara di pihak Republik, Senator Ted Cruz dan Rand Paul telah mengumumkan niat mereka untuk mencalonkan diri untuk nominasi partai mereka, dan Senator Marco Rubio secara luas diperkirakan akan bergabung dengan mereka hari Senin. Tokoh lain yang diperkirakan akan bergabung dalam pencalonan Partai Republik termasuk mantan Gubernur Florida Jeb Bush dan Gubernur Wisconsin Scott Walker.

XS
SM
MD
LG