Tautan-tautan Akses

Hezbollah: Serangan Udara Israel Tewaskan Militan di Suriah


Samir Kantar, tahanan Lebanon yang dibebaskan oleh Israel dalam pertukaran tahanan tahun lalu. (Foto: dok.)

Samir Kantar, tahanan Lebanon yang dibebaskan oleh Israel dalam pertukaran tahanan tahun lalu. (Foto: dok.)

Kelompok militan Lebanon Hezbollah menyatakan serangan udara Israel hari Minggu (20/12) di dekat ibukota Suriah menewaskan salah seorang anggotanya yang pernah dipenjarakan selama 30 tahun karena kasus pembunuhan di Israel.

Samir Kantar adalah satu dari ratusan anggota Hezbollah yang ke Suriah untuk berjuang bersama pasukan Presiden Bashar al-Assad sejak perang saudara di sana dimulai pada Maret 2011.

Serangan udara hari Minggu itu menghantam sebuah bangunan di Jaramana, pinggiran selatan kota Damaskus.

Belum ada pernyataan segera dari Israel, yang menyerang banyak target di Suriah dalam beberapa tahun ini, kebanyakan adalah konvoi yang menurut Israel membawa senjata dan pasokan logistik lain yang dikirim melalui Suriah ke Lebanon.

Kantar dinyatakan bersalah atas serangan tahun 1979 yang mencakup pembunuhan seorang polisi Israel, serta seorang ayah dan anak perempuannya yang masih kecil. Seorang anak dari keluarga lelaki itu tewas setelah dicekik istri lelaki itu sewaktu mereka bersembunyi.

Pada tahun 2008, Israel membebaskan Kantar sebagai bagian dari pertukaran tahanan dengan Hezbollah dan ia mendapat sambutan seperti pahlawan di Lebanon. [uh]

XS
SM
MD
LG