Tautan-tautan Akses

Hizbullah: Israel Bunuh Hariri


Sekjen Hizbullah Hassan Nasrallah

Sekjen Hizbullah Hassan Nasrallah

Sekjen Hassan Nasrallah mengaku memiliki bukti video, yang menunjukkan Israel berada di balik kematian mantan PM Lebanon Rafik Hariri pada tahun 2005.

Sekjen Hizbullah Hassan Nasrallah menuduh Israel melakukan pembunuhan mantan Perdana Menteri Lebanon Rafik Hariri pada tahun 2005,. Hassan mengemukakan sebagai bukti, apa yang ia klaim sebagai video pengintaian Israel dan pengakuan bekas mata-mata Israel.

Dalam pidato televisi yang sudah ditunggu-tunggu, Nasrallah mengatakan gambar-gambar video pengintaian yang baru disiarkan menunjukkan pemantauan seksama tempat-tempat yang sering didatangi Hariri, termasuk sebuah tempat di Beirut, di mana ia meninggal dunia.

Sekalipun Nasrallah mengakui gambar-gambar tersebut, yang disadap pada tahun 1990-an dan 2005, bukan merupakan bukti yang kuat, ia mengatakan gambar-gambar itu memberi indikasi Israel mungkin telah melacak gerakan Hariri dengan tujuan pembunuhan.

Para komentator serta pejabat pemerintah Israel, membantah tuduhan Hizbullah tersebut. Pemerintah Israel tidak mengeluarkan jawaban resmi.

Nassrallah juga mengatakan bahwa sejak tahun 1993, agen-agen Israel di Lebanon telah berusaha mengadudomba Hariri dengan Hizbullah, dengan berusaha meyakinkan mantan Perdana Menteri itu bahwa kelompok milisi Syiah ini berencana membunuhnya.

XS
SM
MD
LG