Tautan-tautan Akses

Hentikan Penularan Meningitis, Niger Tutup Sekolah di Sekitar Ibukota


Perdana Menteri Niger Brigi Rafini (Foto: dok).

Perdana Menteri Niger Brigi Rafini (Foto: dok).

Perdana Menteri Niger Brigi Rafini mengimbausekutu-sekutu Niger dan Organisasi Kesehatan Dunia agar membantu menutupi kekurangan vaksin meningitis di negaranya.

Perdana Menteri Niger Brigi Rafini telah memerintahkan semua sekolah sekitar ibukota Niamey tutup sampai hari Senin dan mengharuskan anak-anak yang berusia antara dua dan 15 tahun divaksinasi untuk mencegah meningitis, penyakit pada otak yang sangat mungkin mematikan.

Lebih dari 900 penderita penyakit itu telah didiagnosa sejak Januari, yang mengakibatkan 85 orang meninggal.

Rafini mengatakan hari Selasa negara itu membutuhkan lebih dari 1 juta dosis vaksin meningitis, tetapi hanya memiliki kira-kira separuh dari jumlah itu. Ia mengimbau kepada sekutu-sekutu Niger dan Organisasi Kesehatan Dunia agar membantu menutupi kekurangan itu.

Menteri Kesehatan negara itu memperingatkan orang agar jangan memperoleh vaksin dengan tidak sah, dan mengatakan dosis yang diberikan kemungkinan untuk jenis lain penyakit itu.

Virus meningitis menyerang selaput yang mengelilingi otak dan syaraf tulang punggung. Penyakit tersebut dapat mengakibatkan ketulian dan kerusakan berat pada otak. Kira-kira separuh penderita meninggal dunia.

XS
SM
MD
LG