Tautan-tautan Akses

Helikopter-Helikopter NATO Tembaki Tentara Pakistan, 2 Cedera


Tentara Pakistan melakukan penjagaan di kawasan Waziristan, dekat perbatasan Afghanistan.
Tentara Pakistan melakukan penjagaan di kawasan Waziristan, dekat perbatasan Afghanistan.

NATO membenarkan helikopter-helikopternya terbang dekat kawasan Datta Khel Waziristan Utara dan sedang menyelidiki insiden itu.

Para pejabat Pakistan mengatakan helikopter-helikopter NATO melintas ke Pakistan menembaki dan mencederai dua tentara dalam insiden yang memicu protes keras dari militer Pakistan.

Serangan hari Selasa di kawasan Datta Khel Waziristan Utara terjadi di tengah-tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika dan Pakistan setelah serangan Amerika yang menewaskan Osama bin Laden di kota Abbottabad.

Angkatan Darat Pakistan mengatakan tentara menembak helikopter-helikopter NATO yang masuk ke kawasan kesukuan barat daya Pakistan dari Afghanistan. Dua tentara cedera ketika helikopter-helikopter membalas tembakan.

NATO membenarkan helikopter-helikopternya terbang dekat perbatasan itu dan sedang menyelidiki insiden itu.

Pejabat militer negara barat mengatakan dua helikopter itu berada di perbatasan Afghanistan dan di tembak dari wilayah Pakistan. Ia mengatakan helikopter-helikopter itu baru membalas setelah ditembak dua kali.

Waziristan utara dikenal sebagai pusat Taliban dan militan terkait al-Qaida yang melancarkan serangan-serangan di Afghanistan. Kawasan kesukuan itu berkali-kali menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak Amerika.

Angkatan darat Pakistan menyampaikan protes hari Selasa dan minta diadakan pertemuan dengan NATO mengenai serangan lintas batas itu. Pakistan menutup sebentar jalur utama persediaan NATO ke Afghanistan setelah insiden serupa tahun lalu yang menewaskan dua tentara Pakistan.

XS
SM
MD
LG