Tautan-tautan Akses

Helikopter AS yang Jatuh, Sedang Dalam Misi Penyelamatan di Afghanistan


Helikopter Chinook NATO dilaporkan sedang dalam misi penyelamatan saat ditembak jatuh sehingga menewaskan 38 orang di dalamnya.

Helikopter Chinook NATO dilaporkan sedang dalam misi penyelamatan saat ditembak jatuh sehingga menewaskan 38 orang di dalamnya.

NATO hari Minggu mengatakan sedang menyelidiki berbagai klaim bahwa pemberontak Taliban menembak jatuh helikopter Chinook itu.

Pasukan Afghanistan dan Amerika hari Minggu bertempur melawan pemberontak di propinsi Wardak tengah, didekat lokasi sebuah helikopter angkatan darat Amerika jatuh sehari sebelumnya dan menewaskan 30 tentara Amerika, termasuk pasukan khusus Navy SEALs. Tujuh tentara Afghanistan dan seorang penerjemah juga tewas dalam kecelakaan itu.

Pejabat-pejabat Amerika hari Minggu mengatakan pasukan tersebut tengah dalam perjalanan untuk menyelamatkan sebuah unit darat Army Rangers Amerika yang sedang diserang pemberontak.

Pertempuran berlangsung selagi tim-tim NATO mencoba mengangkut puing-puing helikopter Chinook CH-47 hari Minggu dari Lembah Tagab yang terpencil.

Kejadian itu adalah peristiwa terfatal yang dialami tentara Amerika dalam satu insiden sejak awal perang Afghanistan pada akhir tahun 2001.

NATO hari Minggu mengatakan sedang menyelidiki berbagai klaim bahwa pemberontak Taliban menembak jatuh helikopter itu. Pasukan pemerintah lokal Afghanistan mengatakan helikopter itu diserang roket menyusul razia pimpinan Amerika di kompleks Taliban. Delapan pemberontak Taliban juga tewas dalam pertempuran itu.

XS
SM
MD
LG