Tautan-tautan Akses

Helikopter Amerika Hilang di Nepal


Marinir AS membantu tentara Nepal menurunkan bantuan kemanusiaan dari helikopter korps marinir AS, UH-1Y (11/5).

Marinir AS membantu tentara Nepal menurunkan bantuan kemanusiaan dari helikopter korps marinir AS, UH-1Y (11/5).

Helikopter UH-1Y hilang Selasa (12/5) sekitar pukul 10 malam waktu setempat ketika melakukan operasi kemanusiaan dekat desa Charikot.

Amerika mengatakan sebuah helikopter milik Korps Marinir-nya hilang di Nepal ketika melakukan misi bantuan di negara yang baru dilanda sejumlah gempa dahsyat itu.

Mayor Dave Eastburn, juru bicara Komando Pasifik Amerika, mengatakan helikopter itu hilang Selasa (12/5) sekitar pukul 10 malam waktu setempat ketika melakukan operasi kemanusiaan dekat desa Charikot. Daerah itu adalah salah satu yang terimbas paling parah oleh gempa berkekuatan 7,3 hari Selasa.

Seorang pejabat Departemen Pertahanan Amerika mengatakan helikopter itu mengangkut enam marinir Amerika dan dua warga Nepal.

Militer Nepal mengatakan sedang mencari helikopter itu lewat darat, tetapi belum menemukan pertanda apapun terjadi kecelakaan. Para pejabat mengatakan helikopter itu mungkin tidak bisa mengirim sinyal bantuan jika mendarat di sebuah lembah karena wilayahnya yang bergunung-gunung.

Helikopter UH-1Y itu adalah bagian dari Operasi "Sahayogi Haat" atau Uluran Bantuan.

Operasi Amerika itu telah menyalurkan hampir 50 ton kebutuhan mendasar dan mengangkut 273 personil ke berbagai penjuru Nepal yang dilanda gempa.

XS
SM
MD
LG