Tautan-tautan Akses

Aktivis India Anna Hazare Terima Tawaran Mogok Makan 15 Hari


Para pendukung aktivis anti-korupsi India Anna Hazare berkumpul di luar penjara Tihar, New Delhi di mana Hazare kini ditahan (18/8).

Para pendukung aktivis anti-korupsi India Anna Hazare berkumpul di luar penjara Tihar, New Delhi di mana Hazare kini ditahan (18/8).

Kiran Bedi, mantan pejabat tinggi kepolisian yang sekarang pemimpin protes yang dihormati kalangan luas, memuat berita persetujuan itu dalam pesan Twitternya, yang disambut gembira oleh para pendukung Hazare.

Aktivis India Anna Hazare akan menginap semalam lagi di penjara New Delhi sebelum melakukan mogok makan hari Jumat menuntut undang-undang anti-korupsi yang lebih keras.

Kamis pagi (18/8) aktivis berumur 74 tahun itu menyetujui tawaran polisi untuk meninggalkan penjara dan melakukan protes 15 harinya di tempat terbuka yang dapat menampung 25.000 orang.

Hazare dan lebih dari seribu pendukungnya ditahan hari Selasa setelah menolak permintaan polisi untuk membatasi protesnya selama 3 hari dengan kurang dari 5.000 orang.

Polisi kemudian mengizinkan Hazare pergi, tetapi ia memilih tetap berada di penjara sampai pihak berwenang sepakat mencabut pembatasan protesnya.

Setelah persetujuan terakhir diumumkan hari Kamis, massa yang berkumpul di luar penjara Tihar tempat Hazare menginap, bersorak sorai dan melemparkan bunga ke udara. Protes yang sedianya dijadwalkan Kamis sore, akan dilakukan hari Jumat.

Ribuan orang telah berpawai melalui tengah kota New Delhi hari Rabu, meneriakkan semboyan yang mendukung Hazare. Demonstrasi serupa diadakan di pusat keuangan negara itu, Mumbai, dan di kota-kota seluruh selatan dan timur.

Sementara itu, Perdana menteri India Manmohan Singh memberitahu parlemen bahwa protes Hazare, sekalipun diilhami idealisme agung, “penuh dengan risiko yang gawat bagi demokrasi parlementer kita.” Singh mengatakan hari Rabu bahwa Hazare tidak dapat dibiarkan memaksa para anggota parlemen menanda-tangani rancangan undang-undang anti-korupsi versi Hazare.

XS
SM
MD
LG