Tautan-tautan Akses

Hawa Panas Berisiko Besar bagi Kesehatan

  • Jerilyn Watson

Membasahi badan dengan air dingin bisa membantu mengatasi risiko bahaya yang diakibatkan oleh hawa panas yang ekstrim.

Membasahi badan dengan air dingin bisa membantu mengatasi risiko bahaya yang diakibatkan oleh hawa panas yang ekstrim.

Sebagian orang menghadapi risiko besar akibat hawa panas, karena mereka mungkin punya kelemahan jantung atau berpenyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau gangguan lain dalam sistem darah.

Cuaca panas yang ekstrim bisa menimbulkan masalah bagi anak kecil, orang dewasa, dan pengidap diabetes. Cuaca panas juga berbahaya bagi orang yang berat badannya berlebihan, terlalu banyak lemak tubuh, dan bagi yang suka minum alkohol. Cuaca panas juga berbahaya bagi orang yang harus minum obat untuk tekanan darah tinggi, aliran darah yang tak beres, kegelisahan, atau depresi.

Masalah kesehatan yang disebabkan hawa panas jika tidak segera ditangani, bisa serius, karena dapat mengakibatkan kelelahan luar biasa. Seseorang yang kelelahan akibat hawa panas ini terlalu banyak mengeluarkan keringat, sehingga mengalami dehidrasi.

Seseorang yang mengalami kelelahan akibat hawa panas merasa lemas dan sangat lelah. Ia mungkin susah berjalan secara normal. Kelelahan ekstrim seperti ini juga bisa membuat tubuh terasa lemah, detak jantung cepat, gangguan bernapas, dan nyeri di kepala, dada, atau perut. Para dokter mengatakan orang yang mengalami gejala semacam itu harus istirahat dengan tenang di tempat yang sejuk dan banyak minum. Mereka juga mengatakan bahwa membasahi badan dengan air dingin dapat membantu.

Kelelahan akibat hawa panas dapat terjadi dengan cepat, tetapi bisa juga secara perlahan-lahan, sampai berhari-hari kemudian. Kalangan dokter menyebut kondisi ini sebagai kelelahan akibat dehidrasi. Setiap hari tubuh kehilangan cairan lebih banyak dibanding dengan yang masuk. Seseorang bahkan mungkin tidak mengetahui bahwa masalah ini sudah mulai terjadi. Bila ini berlanjut selama beberapa hari, pengaruhnya akan sama seperti jenis kelelahan akibat hawa panas biasa.

Menurut para pakar, bahkan penurunan sebanyak 2 persen dalam pasokan cairan tubuh bisa menyebabkan dehidrasi. Gejalanya itu termasuk berkurangnya daya ingat dan bahkan kemampuan menghitung.

Dehidrasi membatasi kemampuan seseorang untuk bekerja dan berpikir. Kalangan pakar menyatakan berkurangnya 4 persen atau 5 persen cairan tubuh menimbulkan penurunan sebanyak 20 persen hingga 30 persen dalam kemampuan bekerja. Hilangnya kadar garam melalui keringat juga mengurangi jumlah pekerjaan yang bisa dilakukan otot.

Pengobatan untuk kelelahan akibat dehidrasi sama saja dengan untuk kelelahan akibat hawa panas. Banyak minum air, dan istirahat di tempat yang sejuk. Bahkan yang lebih baik, kata para dokter, minum air sekitar 2 liter per hari, agar berbagai masalah terkait dehidrasi tidak akan punya peluang untuk berkembang.

XS
SM
MD
LG