Tautan-tautan Akses

Hasil Sementara Pilpres Uganda: Presiden Museveni Unggul


Presiden Uganda Yoweri Museveni memberikan keterangan kepada media setelah memberikan suara di salah satu TPS di Kirihura, Uganda (18/2).

Presiden Uganda Yoweri Museveni memberikan keterangan kepada media setelah memberikan suara di salah satu TPS di Kirihura, Uganda (18/2).

Penantang terkuat Presiden Yoweri Museveni, Kizza Besigye, memperoleh 34 persen suara dan Amama Mbabazi memperoleh 1,5 persen.

Hasil sementara yang baru pemilihan presiden Uganda yang dipertentangkan menunjukkan Presiden Yoweri Museveni yang telah berkuasa selama 30 tahun, unggul dengan hampir 62 persen suara. Hasil penghitungan terakhir diperkirakan Sabtu malam.

Angka tersebut dikeluarkan beberapa jam sebelum batas-waktu pukul 4 sore untuk hasil terakhir, dengan 83 persen suara terhitung.

Penantang terkuat Museveni, Kizza Besigye, memperoleh 34 persen suara dan Amama Mbabazi memperoleh 1,5 persen.

Amerika Serikat, para peninjau internasional, dan sebuah organisasi hak azasi terkemuka mengecam proses pemilihan Uganda, dengan tuduhan tekanan yang tidak wajar dan dalam beberapa kasus penggunaan kekuatan yang tidak wajar oleh pasukan keamanan terhadap para calon oposisi dan pendukung mereka.

Human Rights Watch yang berbasis di Amerika hari Sabtu mengutarakan keprihatinan akan kemampuan Uganda mengadakan pemilihan yang bebas dan adil, serta hak warga Uganda mengutarakan pendapat dan berkumpul dengan bebas. [gp]

XS
SM
MD
LG