Tautan-tautan Akses

Hasil Rekap Pilpres Diumumkan, Keluarga Jokowi Syukuran, Solo Siaga Satu

  • Yudha Satriawan

Keluarga Jokowi di Solo syukuran (VOA/Yudha Satriawan)

Keluarga Jokowi di Solo syukuran (VOA/Yudha Satriawan)

Komisi Pemilihan Umum sudah mengumumkan dan menetapkan pasangan capres Jokowi-Jusuf Kalla mendapat suara terbanyak dalam Pilpres 2014 ini. Keluarga capres Jokowi di Solo menggelar syukuran sedangkan polisi di Solo siaga satu.

Keluarga Capres Joko Widodo alias Jokowi berkumpul dan menonton penetapan hasil rekapitulasi nasional Pilpres 2014 oleh KPU yang ditayangkan di televisi, Selasa malam (22/7). Saat KPU menetapkan pasangan capres Jokowi-Jusuf Kalla mendapat suara terbanyak, keluarga capres asal Solo Jawa Tengah ini langsung melakukan sujud syukur dan menggelar pemotongan tumpeng nasi kuning. Ibunda capres Jokowi, Sujiatmi, tampak bahagia melihat putranya menjadi orang nomor satu di Indonesia. Namun Sujiatmi enggan berkomentar. Salah seorang kerabat capres Jokowi, Arif Budi Sulistyo, mengaku keluarga sudah lega KPU menetapkan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai calon presiden dan wakil Presiden terpilih dalam Pilpres.

Aksi merayakan kemenangan capres Jokowi-JK dalam Pilpres sudah terasa sejak petang, konvoi pendukung Jokowi-JK di Solo sempat berkeliling ke sejumlah wilayah namun dilarang karena untuk menjaga ketenangan kota Solo. Warga di Solo ada yang memilih merayakan pengumuman KPU tersebut dengan menyalakan kembang api.

Polisi dan TNI di Solo memperketat pengamanan selama proses penghitungan suara hingga penetepan hasil rekapitulasi nasional Pilpres. Juru bicara Polresta Solo, Sis Raniwati, aparat keamanan di Solo dalam kondisi siaga satu mengantisipasi gangguan keamanan pasca penetapan hasil Pilpres.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa malam (22/7), resmi menetapkan pasangan capres nomor urut dua yakni Jokowi-JK menjadi calon Presiden dan calon Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih 2014-2019 dengan perolehan suara 53,15% dari total suara sah nasional. Dalam penetapan hasil rekap nasional ini kubu capres Prabowo-Hatta tidak hadir. Pasangan capres terpilih akan dilantik Oktober mendatang.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG