Tautan-tautan Akses

Hasil Referendum: 90 Persen Dukung Kemerdekaan di Sudan Selatan


Para petugas Komisi Referendum di Sudan selatan saat melakukan penghitungan akhir surat suara referendum.

Para petugas Komisi Referendum di Sudan selatan saat melakukan penghitungan akhir surat suara referendum.

Hasil tersebut menunjukkan mayoritas yang hampir 100 persen memilih pemisahan dalam ke-10 negara bagian Sudan selatan.

Hasil baru referendum bersejarah di Sudan Selatan menunjukkan lebih dari 90 persen rakyat memilih pemisahan dari utara. Kantor berita Barat hari Kamis melaporkan penghitungan suara baru yang hampir lengkap tersebut, yang berhasil dikumpulkan dari para pejabat pemungutan suara.

Hasil tersebut menunjukkan mayoritas yang hampir 100 persen memilih pemisahan dalam ke-10 negara bagian Sudan selatan. Di negara-bagian Lakes, hanya 227 dari hampir 300 ribu orang memilih tetap bersatu dengan utara.

Di Bahr-al-Dhazai, bagian barat, yang terletak di perbatasan utara-selatan, kira-kira 95 persen dari penduduk memilih pemisahan. Panitia referendum masih menghitung suara terakhir.

Seorang pejabat tinggi Komisi Referendum Sudan mengatakan kepada VOA hari Jumat, komisi itu berencana mengumumkan hasil resmi tanggal 7 Februari, seminggu lebih cepat daripada perkiraan semula.

George Benjamin mengatakan komisi itu sedang mengumpulkan suara selebihnya di Sudan selatan.

Jutaan warga Sudan Selatan memilih pekan lalu dalam referendum untuk menentukan apakah daerah mereka harus merdeka atau tidak. Pemungutan suara itu adalah bagian dari persetujuan perdamaian tahun 2005 yang mengakhiri perang saudara utara-selatan Sudan.

Para peninjau internasional telah mengatakan referendum itu berlangsung bebas, adil, dan layak dipercaya.

XS
SM
MD
LG