Tautan-tautan Akses

Hasil Pilpres Mesir akan Diumumkan Minggu


Puluhan ribu pendukung Ikhwanul Muslimin memenuhi lapangan Tahrir memberikan dukungan kepada kandidat Presiden Mohammad Morsi (23/6).

Puluhan ribu pendukung Ikhwanul Muslimin memenuhi lapangan Tahrir memberikan dukungan kepada kandidat Presiden Mohammad Morsi (23/6).

Ketegangan tinggi di Mesir sementara pejabat pemilihan bersiap-siap mengumumkan hasil resmi pemilihan presiden putaran kedua Minggu.

Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Mesir, Hatem Bagato mengatakan Sabtu bahwa ketua komisi Faruk Sultan akan mengumumkan hasilnya pada pukul 3 siang waktu setempat Minggu.

Baik kandidat dari Persaudaraan Muslim, Muhammad Morsi dan mantan perdana menteri Ahmed Shafiq telah menyatakan diri menang dalam pemilihan pengganti Hosni Mobarak.

Hasil-hasilnya seharusnya diumumkan Kamis lalu, tetapi komisi pemilihan mengatakan fihaknya butuh waktu untuk menyelidiki tuduhan kecurangan oleh masing-masing kandidat.

Hari Sabtu, ribuan pendukung Persaudaraan Muslim berkumpul di alun-alun Tahrir dan meneriakkan dukungan mereka untuk Morsi. Mereka berada di sana siang dan malam dan bertekad tinggal di sana sampai hasil pemilihan diumumkan.

Kelompok politik ini juga mengecam apa yang dianggapnya merupakan perampasan kekuasaan oleh militer.

Hari Jumat, dewan militer yang berkuasa, menuduh Shafiq, seorang kandidat dari era Mubarak, dan Morsi meningkatkan ketegangan karena secara prematur menyatakan diri menang.
XS
SM
MD
LG