Tautan-tautan Akses

Hasil Pemilu Mongolia Terhambat Masalah Teknis


Warga Mongolia antri untuk memberikan suaranya dalam Pemilu Parlemen di salah satu TPS dekat ibukota Mongol, Ulan Bator (28/6).

Warga Mongolia antri untuk memberikan suaranya dalam Pemilu Parlemen di salah satu TPS dekat ibukota Mongol, Ulan Bator (28/6).

Hasil akhir pemilu Mongolia belum dapat diumumkan karena terhambat masalah teknis dalam sistem penghitungan suara otomatis.

Para pejabat pemilu Mongolia mengatakan, Partai Demokrasi yang beroposisi telah meraih suara lebih banyak dibanding Partai Rakyat Mongolia yang berkuasa dalam pemilihan anggota parlemen, tetapi belum mencapai jumlah suara mayoritas yang diperlukan.

Hasil akhir belum diumumkan karena masalah teknis dalam sistem baru penghitungan suara secara otomatis, yang digunakan untuk menjamin agar proses pemilihan lebih adil.

Partai Rakyat Mongolia yang berkuasa dan delapan partai kecil telah meminta diadakannya pemilihan baru, dengan menyebutkan adanya persoalan teknis dalam sistem baru itu .

Beberapa partai telah meminta penghitungan kembali suara karena ada tuduhan kecurangan dalam penghitungan suara dan keprihatinan tentang sistem pemilihan yang baru itu.

Ketua komisi pemilu Namsrijavttulg Luvsanjav membela teknologi itu, dengan mengatakan penghitungan suara kembali secara manual dilakukan di beberapa tempat pemungutan suara menunjukkan hasil yang pada umumnya sama dengan hasil sistem otomatis.
XS
SM
MD
LG