Tautan-tautan Akses

Hasil Pemilu AS: Demokrat Tetap Kuasai Senat, Republik Pertahankan Mayoritas DPR


Perimbanagn kekuasaan di kongres AS tetap tidak mengalami perubahan pasca Pemilu 2012, Selasa lalu. Republik mempertahankan mayoritas di DPR dan Demokrat menguasai Senat Amerika.

Perimbanagn kekuasaan di kongres AS tetap tidak mengalami perubahan pasca Pemilu 2012, Selasa lalu. Republik mempertahankan mayoritas di DPR dan Demokrat menguasai Senat Amerika.

Meskipun beberapa kursi telah berpindah-tangan dalam pemilu Selasa (6/11),perimbangan kekuasaan di Kongres tetap sama dengan Demokrat menguasai Senat dan Republik mempertahankan mayoritas dalam DPR.

Pemimpin mayoritas Senat Harry Reid mengatakan karena pemilu sudah selesai, sudah waktunya mengesampingkan politik dan mencari solusi dan kompromi atas masalah yang dihadapi negara.

Ketua DPR Amerika, John Boehner mengucapkan selamat kepada Presiden Barack Obama dan Wakil Presiden Joe Biden atas terpilihnya kembali mereka, dalam kesempatan jumpa pers di gedung Kongres, Rabu (7/11). Namun Boehner mengingatkan bahwa tindakan mendesak dibutuhkan karena adanya jurang fiskal yang sedang menunggu, yaitu $600 miliar kenaikan pajak otomatis dan pemotongan anggaran yang ditetapkan akan mulai berlaku tanggal 1 Januari mendatang.

Boehner mengatakan rakyat Amerika, yang telah memilih partai Republik untuk memimpin DPR, telah berbicara dan memberi kepada para politisi mandat untuk bekerjasama.

Dalam majelis Senat, Demokrat memenangkan beberapa pemilihan Senat dan akan mempertahankan mayoritas tipis mereka. Demokrat memperoleh 53 kursi, sementara Republik menduduki 45 kursi Senat. Anggota independen akan mempunyai dua kursi dalam majelis yang beranggotakan 100 Senator itu.

Setelah hampir semua pemilihan anggota DPR sudah diketahui pemenangnya, proyeksi memberi indikasi hampir tidak akan ada perubahan dalam majelis yang beranggotakan 435 orang itu. Partai Republik menguasai 233 kursi, sementara Demokrat sejauh ini telah memenangkan 192 kursi. Boehner akan tetap memegang jabatannya sebagai ketua DPR.

XS
SM
MD
LG