Tautan-tautan Akses

Hasil Otopsi Tunjukkan Remaja Palestina yang Tewas Dibakar Hidup-hidup


Militan Palestina Brigade al-Nasser Salah al-Deen Brigades, sayap dari Komite Perlawanan Populer (PRC), memberikan konferensi pers di kota Gaza (5/7). (AFP/Mohammed Abed)

Militan Palestina Brigade al-Nasser Salah al-Deen Brigades, sayap dari Komite Perlawanan Populer (PRC), memberikan konferensi pers di kota Gaza (5/7). (AFP/Mohammed Abed)

Laporan resmi forensik Palestina mendapati asap dalam saluran pernafasannya, yang berarti Mohammed Abu Khudair masih hidup sewaktu ia dibakar.

Jaksa Agung Palestina mengatakan otopsi terhadap seorang remaja yang tewas dalam serangan yang diduga sebagai aksi balas dendam itu menunjukkan bahwa ia dibakar hidup-hidup.

Mayat Mohammed Abu Khudair ditemukan di sebuah hutan di Yerusalem, Rabu pekan lalu, sekitar satu jam setelah ia dipaksa masuk ke sebuah mobil oleh para penculiknya.

Laporan resmi forensik Palestina mendapati asap dalam saluran pernafasannya, yang berarti Khudair masih hidup sewaktu ia dibakar.

Ayahnya mengatakan mayat anaknya terbakar habis hingga sulit dikenali, dan jaksa agung Palestina pada Sabtu (5/7) mengatakan Khudair menderita luka bakar pada lebih dari 90 persen tubuhnya.

Polisi Israel belum menentukan siapa yang membunuh remaja itu dan apa motifnya. Mereka mengatakan masih menyelidiki apakah pembunuhan itu merupakan reaksi terhadap penculikan dan pembunuhan tiga remaja Israel yang dikuburkan awal pekan ini.

Pejabat-pejabat Israel menyalahkan Hamas atas pembunuhan ketiga remaja itu, tetapi Hamas membantah tuduhan itu.

Namun beberapa anggota Hamas mengatakan tindakan penculikan seperti itu merupakan reaksi yang dapat dibenarkan melihat ketidakadilan yang dilakukan Israel.

Beberapa bentrokan antara polisi Israel dan demonstran Palestina kembali berlanjut Sabtu di Yerusalem Timur dan kota-kota lain. Para demonstran melemparkan batu ke arah polisi Israel yang membalas dengan tembakan gas air mata dan granat kejut.

Polisi Israel meningkatkan keamanan guna mengantisipasi lebih banyak demonstrasi menyusul pemakaman Khudair. Keluarga dan teman-teman Khudair menguburkannya Jumat di lingkungan pemukiman Arab – Shuafat.

Militan Palestina menembakkan roket dan mortir dari perbatasan Jalur Gaza/ sementara Israel melancarkan beberapa serangan udara ke Gaza. Belum ada laporan tentang korban jiwa atau luka-luka. (VOA/AP/Reuters)

XS
SM
MD
LG