Tautan-tautan Akses

Hasil Laporan: Lalu Lintas Internet Diharapkan Meningkat Tiga Kali Lipat pada 2018


Situs seperti YouTube membantu membuat video sebagai kekuatan dominan di konsumsi internet AS, menurut laporan terbaru dari Cisco Systems. (Foto: dok)

Situs seperti YouTube membantu membuat video sebagai kekuatan dominan di konsumsi internet AS, menurut laporan terbaru dari Cisco Systems. (Foto: dok)

Speed broadband yang lebih cepat, jumlah pengguna dan orang menonton video diharapkan meningkat lalu lintas internet dunia, menurut laporan terbaru.

Laporan tahunan yang dihasilkan oleh Cisco Systems Inc, perusahaan yang berbasis di California yang membuat perlengkapan networking dan menganalisa perangkat, koneksi dan data – memprediksi pada tahun 2018 lalu lintas global Internet Protocol (IP) untuk perangkat tetap dan mobile akan mencapai angka penggunaan tahunan 1.6 zettabytes. (Menurut TechTerms.com, satu zettabyte berisi jutaan terabyte – terabyte juga merupakan angka yang hampir tidak bisa dipahami.)

Laporan tersebut, dirilis hari Selasa (10/6), juga mengatakan video diharapkan tumbuh dari 78 persen dari lalu lintas internet AS menjadi 84 persen pada tahun 2018. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang apakah penyedia layanan internet harus memprioritaskan lalu lintas, sebuah masalah yang kontroversial.

Laporan Cisco datang ketika Federal Communications Commission (FCC) memperdebatkan undang-undang lalu lintas internet, atau "kebebasan internet," yang memberikan hak bagi perusahaan-perusahaan telekomunikasi untuk memprioritaskan beberapa lalu lintas.

Kelompok-kelompok konsumen dan beberapa bisnis telah mengkritik revisi yang diajukan, dan mengatakan undang-undang tersebut akan menciptakan "jalur cepat" untuk perusahaan-perusahaan yang membayar lebih dan lalu lintas yang lebih lambat bagi perusahaan lainnya.

Wakil presiden untuk hubungan pemerintah dan komunitas dari Cisco, Jeff Campbell, mengatakan pada Reuters bahwa "selagi FCC menulis ulang peraturan-peraturan kebebasan internet, penting bagi kita untuk memungkinkan hal-hal seperti layanan terkelola dan layanan khusus yang bisa memberikan aplikasi baru bagi konsumen."

Tidak semua lalu lintas internet akan menjadi sama, menurut laporan tersebut. Perangkat medis yang tersambung dengan internet, contohnya, akan memiliki profil data berbeda daripada streaming video dan keperluan untuk kecepatan atau speed yang lebih tinggi.

Peran PC yang semakin berkurang

Di tahun 2018, laporan tersebut memprediksi, sebagian besar lalu lintas internet akan berasal dari perangkat yang bukan komputer pribadi atau personal computer," dengan semakin meningkatnya penggunaan Wi-Fi dibandingkan perangkat yang membutuhkan kabel dan video high-definition (HD) yang melampaui standar.

FCC memilih sebanyak 3 berbanding 2 bulan lalu untuk menawarkan sebuah plan yang memungkinkan penyedia layanan internet seperti AT&T dan Comcast untuk membuat kesepakatan dengan perusahaan-perusahaan seperti Google dan Facebook yang memungkinkan konsumen menerima konten lebih cepat.

Setelah merilis peraturan “kebebasan internet” yang diusulkan pada 15 Mei, FCC menetapkan periode selama 120 hari bagi publik untuk memberikan komentar, 60 hari untuk komentar awal dan 60 hari berikutnya untuk respon.

PC World melaporkan minggu lalu bahwa FCC telah menerima lebih dari 64.000 komentar, 45.000 pada bulan Mei. Menurut PC World ribuan dari komen tersebut tampaknya dihasilkan ditulis untuk menyerang FCC dan penyedia broadband. Yang pertama ditayangkan di “Last Week Tonight with John Oliver,” di HBO dan dilihat sebanyak 1.6 juta kali di YouTube.

Beberapa informasi di laporan ini diberikan oleh Reuters.
XS
SM
MD
LG