Tautan-tautan Akses

Hasil Industri Zona Euro Bulan November Melonjak


Tugu berbentuk mata yang Euro di depan Bank Sentral eropa di Frankfurt, Jerman (Foto: dok).

Tugu berbentuk mata yang Euro di depan Bank Sentral eropa di Frankfurt, Jerman (Foto: dok).

Kantor statistik Uni Eropa (Eurostat) mengatakan hasil industri di 17 negara zona euro bulan November naik 1,8 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, lebih tinggi dari dugaan kenaikan 1,3 persen, Selasa (14/1).

Angka-angka resmi menunjukkan hasil industri di zona euro naik tajam pada bulan November. Kenaikan bulanan terkuat sejak Mei 2010 ini merupakan tanda terbaru bahwa pertumbuhan di kawasan tersebut membaik.

Eurostat, kantor statistik Uni Eropa, mengatakan Selasa (14/1) bahwa hasil industri di 17 negara zona euro bulan November naik 1,8 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, lebih tinggi dari dugaan kenaikan 1,3 persen.

Pertumbuhan ini cukup luas dengan ekonomi terkuat, Jerman dan Perancis, membukukan keuntungan yang sehat. Kinerja menonjol dicatat Irlandia, dengan laju pertumbuhan 11,7 persen.

Data ekonomi akhir-akhir ini telah menunjukkan bahwa pemulihan dari resesi semakin lancar. Angka untuk kuartal keempat jatuh tempo bulan depan. Latvia menjadi negara zona euro ke-18 pada awal tahun ini.
XS
SM
MD
LG