Tautan-tautan Akses

Foto Satelit Kukuhkan Korea Utara Sedang Bangun Reaktor


Reaktor nuklir Korea Utara di Yongbyon.

Reaktor nuklir Korea Utara di Yongbyon.

Perusahaan keamanan swasta AS menggunakan satelit untuk mengukuhkan laporan Pyongyang tengah membangun reaktor nuklir air ringan.

Sebuah perusahaan keamanan swasta Amerika mengatakan pihaknya telah menggunakan gambar-gambar satelit untuk mengukuhkan laporan bahwa pemerintah Korea Utara sedang membangun reaktor percobaan nuklir air ringan.

Organisasi riset nuklir yang berbasis di Washington, Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Keamanan Internasional(ISIS), pekan ini merilis gambar-gambar yang memperlihatkan pembangunan sedang dilakukan di lokasi nuklir Yongbyon.

Gambar-gambar itu mengukuhkan laporan dari dua orang pakar Amerika yang baru-baru ini mengunjungi lokasi itu.

Diplomat Jack Pritchard, seorang pakar mengenai Korea Utara dalam pemerintahan presiden Bill Clinton dan presiden George W. Bush mengatakan pekan ini bahwa para pejabat Korea Utara mengatakan kepadanya mereka sedang membangun reaktor tersebut.

Pakar nuklir Amerika Siegfried Hecker, yang mengunjungi Korea Utara dengan Pritchard, membuat pernyataan serupa kepada kantor berita Jepang, Kyodo.

Para pakar mengatakan reaktor nuklir air ringan khususnya digunakan hanya untuk membangkit tenaga listrik.

Tetapi para analis mengatakan pembangunan reaktor itu dapat memberi Korea Utara alasan untuk memperkaya uranium, yang dapat digunakan sebagai bahan bakar reaktor atau untuk membuat senjata nuklir.


XS
SM
MD
LG