Tautan-tautan Akses

Taklukkan Jepang 5-2, AS Juara Piala Dunia Putri

  • Associated Press

Penyerang dari timnas AS Carli Llyod merayakan gol ketiganya pada babak pertama partai final melawan Jepang di Vancouver (5/7).

Penyerang dari timnas AS Carli Llyod merayakan gol ketiganya pada babak pertama partai final melawan Jepang di Vancouver (5/7).

Amerika Serikat meraih gelar juara Piala Dunia Putri untuk ketiga kalinya dan untuk pertama kali sejak 1999 dengan kemenangan 5-2 atas Jepang. Bintang tim AS Carli Lloyd tampil mengesankan dengan mencatat hat trick pada babak pertama. Lloyd meraih Bola Emas sebagai pemain terbaik dan penjaga gawang AS Hope Solo meraih Sarung Tangan Emas sebagai kiper terbaik dalam turnamen ini.

Amerika menjadi negara pertama dengan tiga gelar juara Piala Dunia. Dengan gelar juara pada Piala Dunia kali ini, AS juga membalas kekalahannya pada final Piala Dunia 2011 atas Jepang. Abby Wambach dan Christie Rampone adalah dua pemain yang juga bermain untuk tim AS saat meraih juara terakhir kali pada Piala Dunia 1999, keduanya masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti pada partai final ini, yang diperkirakan akan menjadi penampilan terakhirnya di Piala Dunia.

Lloyd mencetak gol di menit ketiga, keenam dan ke-16, dengan gol ketiganya dari lapangan tengah mampu mengecoh kiper Ayumi Kaihori. Lloyd mencatat hat trick tercepat dalam sejarah Piala Dunia, baik putra maupun putri, dalam pertandingan final dengan gol terbanyak ini.

Lauren Holiday juga mencetak gol di babak pertama dan Tobin Heath menambahkan satu gol lagi di menit ke-54.

XS
SM
MD
LG