Tautan-tautan Akses

Harimau Sumatera Langka Lahirkan Tiga Bayi


Jumlah harimau Sumatera menurun dari 1.000 menjadi 400 dalam empat dekade, akibat penebangan hutan dan perburuan. (Foto: Dok)

Jumlah harimau Sumatera menurun dari 1.000 menjadi 400 dalam empat dekade, akibat penebangan hutan dan perburuan. (Foto: Dok)

Seekor harimau Sumatera, jenis yang sudah langka, melahirkan tiga bayi di kebun binatang di Jambi.

Petugas kebun binatang di Jambi mengatakan bahwa seekor harimau Sumatera langka telah melahirkan tiga bayi pada Minggu (23/9) pagi.

Arif Makhfud, petugas di Kebun Binatang Taman Rimbo di Jambi, mengatakan bahwa induk harimau bernama Uni, 9, melahirkan bayi pertamanya Minggu pagi, diikuti dengan bayi kedua dan ketiga lepas tengah hari.

Para penjaga kebun binatang belum bisa memeriksa jenis kelamin bayi-bayi harimau tersebut, ujar Makhfud pada Selasa (25/9).

Uni dibawa ke Jambi tiga tahun lalu bersama harimau jantan bernama Peter, 7, dari Jakarta. Ia melahirkan sepasang bayi harimau betina dua tahun lalu.

Jumlah harimau Sumatera, subspesies harimau yang paling kritis keberadaannya, turun drastis menjadi 400 ekor dari 1.000 pada 1970an karena pengrusakan hutan dan perburuan. Hanya sedikit harimau Sumatera yang berkembang biak dalam penangkaran. (AP)
XS
SM
MD
LG