Tautan-tautan Akses

Hari Nelson Mandela Dirayakan dengan Aplikasi Digital Baru


Promo aplikasi Play Your Part

Promo aplikasi Play Your Part

Hari Nelson Mandela, dideklarasikan oleh PBB tahun 2009, telah bergulir menjadi hari di mana warga Afrika Selatan melakukan kegiatan amal selama 67 menit - satu menit untuk tiap tahun yang dihabiskan Mandela bagi perjuangan untuk persamaan hak.

Dan tahun ini, di mana Mandela akan berulang tahun ke-97 jika ia masih hidup, hari Nelson Mandela dirayakan secara digital, dengan sebuah aplikasi yang membantu warga Afrika Selatan untuk menyumbangkan sesuatu bagi komunitas mereka.

Aplikasi baru "Play Your Part" (Mainkan Perananmu), dikembangkan sebuah perusahaan bernama Going the Extra Mile (GEM) yang memungkinkan pengguna di Afrika Selatan untuk menemukan organisasi amal yang membutuhkan sumbangan dan sukarelawan.

"Kami mendapat respon luar biasa dari masyarakat," kata David Shields, yang menciptakan aplikasi ini. "Saya pikir pada dasarnya orang ingin membantu, terutama di saat kesenjangan begitu lebar di Afrika Selatan antara yang kaya dan yang miskin. Semua orang ingin ikut berperan, mereka hanya tidak tahu bagaimana. Jadi ini dapat menjadi sarana bagi mereka untuk melakukannya."

Pengguna aplikasi dapat memperoleh "poin" dari GEM dengan mencatatkan aktivitas sukarela mereka, yang dapat mereka tukarkan dengan pulsa, data ponsel ataupun kredit listrik. Atau mereka bisa menyumbangkan poin mereka bagi organisasi yang membutuhkan.

Shields mengatakan aplikasi ini boleh jadi akan menyebar ke negara-negara Afrika lainnya, seperti Mauritius, Kenya dan Nigeria. Pengguna dapat menemukan tautan untuk mengunduh aplikasi ini dengan mengetikkan "GEM Projects" di Facebook, Twitter atau Instagram.

Mandela dipenjara selama 27 tahun atas perjuangannya menentang rezim apartheid saat itu. Ia bebas tahun 1990 dan terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan yang terpilih melalui pemilu demokratis pertama yang melibatkan semua ras pada tahun 1994.

Ia meninggal dunia tahun 2013 pada usia 95 tahun.

XS
SM
MD
LG