Tautan-tautan Akses

Hari Libur Satwa di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta


Mulai bulan Februari 2014, setiap hari Senin, Kebun Binatang Ragunan memberlakukan hari libur bagi seluruh satwa.

Suasana berbeda tampak terlihat di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Senin lalu (3/3).

Kumbo, gorila jantan di pusat primata Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, tampak tenang melahap sayur dan buah yang menjadi menu makan siangnya, sesekali ia melirik pada perawatnya, yang memberinya makan. Kumbo merupakan salah satu dari ribuan koleksi satwa kebun binatang Ragunan yang hari ini menikmati hari liburnya.

Mulai bulan Februari 2014, setiap hari Senin, Kebun Binatang Ragunan memberlakukan hari libur bagi seluruh satwa.

“Untuk satwa itu, semuanya di hari Senin ini, bener-bener istirahat. Dalam arti kat,a dia tidak mendengar suara-suara dari luar, (seperti) suara-suara pengunjung berteriak. Tujuannya adalah untuk mensejahterakan satwa itu sendiri,” kata Naman, Staf Humas Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan rata-rata setiap hari dikunjungi 10 ribu wisatawan. Tapi di hari libur satwa ini, Kebun Binatang Ragunan tidak menerima pengunjung, untuk memberi waktu istirahat bagi ribuan satwa di tempat ini.

Dengan kondisi ini, satwa-satwa disini terlihat lebih nyaman. “Yang jelas perilaku makannya. Biasanya gorila kalau banyak pengunjung, mereka akan cenderung membelakangi pengunjung atau biasanya mereka mengambil makan dan menjauh dari pengunjung. Tapi sekarang tidak ada pengunjung, mereka enjoy makan ditempat yang kita berikan,” jelas Dwi Suprihadi, perawat gorila kebun binatang Ragunan.

Bagi para pengurus kebun binatang, hari libur ini mereka gunakan untuk melakukan perbaikan ataupun penambahan fasilitas tempat bermain satwa.

“Untuk kita sebagai perawat, di kandang kita buat mainan-mainan untuk mereka, atau biasa kita sebut enrichment,” kata Haerul Azhar, Kepala Bagian Primata.

Pemberlakuan hari libur bagi satwa di kebun binatang Ragunan ini, merupakan yang pertama dilakukan di Indonesia. Meski tidak seperti hari libur manusia, namun bagi kumbo dan Satwa-satwa lain disini susana hening ini, membuat mereka merasa lebih tenang dan nyaman di tempatnya.
XS
SM
MD
LG