Tautan-tautan Akses

Hari Kemerdekaan Haiti Dinodai Unjuk Rasa


Presiden Haiti Rene Preval dituding mencurangi penghitungan pemilihan presiden dengan menguntungkan calon dari partainya.

Presiden Haiti Rene Preval dituding mencurangi penghitungan pemilihan presiden dengan menguntungkan calon dari partainya.

Para pengunjuk rasa di ibukota, Port-au-Prince, memprotes penanganan presiden terhadap pemilu yang berlangsung baru-baru ini.

Selagi Presiden Haiti Rene Preval menandai Hari Kemerdekaan Haiti dengan pidato hari Sabtu, puluhan orang turun ke jalan-jalan untuk berunjuk rasa.

Para pengunjuk rasa di ibukota, Port-au-Prince, memprotes penanganan presiden terhadap pemilihan presiden baru-baru ini, serta upaya rekonstruksi setelah gempa yang menghancurkan negara itu dan epidemi kolera.

Pemilihan presiden berlangsung pada akhir bulan November di tengah-tengah kebingungan para pemilih yang luas dan sejumlah tuduhan penipuan. Calon presiden dari partai oposisi menuduh Presiden Preval atas kecurangan penghitungan pemilihan yang menguntungkan calon dari partainya. Organisasi Negara-Negara Benua Amerika telah setuju memberi bantuan teknis untuk melakukan verifikasi terhadap hasil pemilu yang disengketakan.

Haiti masih berupaya untuk pulih dari bencana gempa bulan Januari lalu yang memaksa lebih dari satu juta warga Haiti menjadi tunawisma dan menewaskan lebih dari 200.000 orang.

Wabah kolera merebak setelah terjadi gempa dan merenggut ribuan jiwa.

Haiti memperoleh kemerdekaan dari Perancis pada tanggal 1 Januari 1804. Haiti adalah negara termiskin di belahan Barat bumi.

XS
SM
MD
LG