Tautan-tautan Akses

AS

Hari Ini Amerika Peringati Hari Veteran


Seorang anggota marinir AS memberikan penghormatan dengan menyentuh batu nisan pada makam rekannya yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Arlington, Virginia (Foto: dok).

Seorang anggota marinir AS memberikan penghormatan dengan menyentuh batu nisan pada makam rekannya yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Arlington, Virginia (Foto: dok).

Hari Veteran, dimulai tahun 1919, ketika Presiden Woodrow Wilson memproklamasikan tanggal 11 November sebagai Hari Gencatan Senjata untuk merayakan berakhirnya pertempuran genap setahun sebelumnya dalam Perang Dunia Pertama.

Restoran-restoran dan banyak toko di seluruh Amerika Serikat memberi barang dan jasa gratis atau dengan harga diskon hari Rabu untuk menghormati peringatan hari besar Veteran tahunan.

Tanda penghargaan khusus itu diberikan sementara perayaan hikhmat dan tradisional diadakan, termasuk peletakan karangan bunga oleh Presiden Barack Obama di Makam Pahlawan Tak Dikenal di Makam Nasional Arlington, di seberang Sungai Potomac dari ibukota Amerika.

Hari Veteran, untuk menghormati semua pria dan wanita yang pernah bertugas dalam angkatan bersenjata Amerika, dimulai tahun 1919, ketika Presiden Woodrow Wilson memproklamasikan tanggal 11 November sebagai Hari Gencatan Senjata untuk merayakan berakhirnya pertempuran genap setahun sebelumnya dalam Perang Dunia Pertama – “perang untuk mengakhiri semua perang”—antara Jerman dan negara-negara yang bersekutu Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat. Gencatan senjata itu terkenal mulai berlaku pada ”jam ke-11 hari ke-11 dan bulan ke-11.”

Hari Gencatan Senjata menjadi hari libur resmi Amerika tahun 1938, dan tetap demikian sampai tahun 1954, ketika hari besar itu diubah namanya menjadi Hari Veteran setelah Perang Dunia Kedua dan Perang Korea. Hari tersebut terpisah dari Memorial Day, yang diperingati setiap Senin terakhir bulan Mei dan menghormati tentara pria dan wanita yang tewas dalam perang.

Hari Veteran Amerika juga bertepatan dengan hari libur jaman Perang Dunia Pertama di seluruh dunia, termasuk Remembrance Day di Inggris dan negara-negara persemakmuran Australia dan Kanada. [gp]

XS
SM
MD
LG