Tautan-tautan Akses

AS

Hari Columbus, Peringatan yang Menuai Kontroversi


Komunitas Italia-AS berdiri mengelilingi patung Christopher Columbus karya Gaetano Russo tahun 1892, di Columbus Circle, New York, dalam rangka memperingati Hari Columbus (7/10).

Komunitas Italia-AS berdiri mengelilingi patung Christopher Columbus karya Gaetano Russo tahun 1892, di Columbus Circle, New York, dalam rangka memperingati Hari Columbus (7/10).

Hari Senin 8 Oktober, Amerika merayakan Hari Columbus, memperingati ditemukannya benua Amerika oleh Christopher Columbus.

Christopher Columbus mencapai Amerika tanggal 12 Oktober 1492. Hari bersejarah ini kemudian diperingati setiap tahun sebagai "Columbus Day" hingga sekarang. Tetapi di Amerika Serikat, peringatan Hari Columbus ditetapkan diadakan pada hari Senin kedua bulan Oktober, dan tahun ini jatuh pada tanggal 8 Oktober.

Namun, peringatan hari besar ini masih kontroversial karena pemukiman pendatang dari Eropa di Amerika mengakibatkan kematian sejarah dan budaya penduduk setempat.

Secara resmi rakyat Amerika diminta untuk merayakan peringatan penemuan negara mereka dengan kebaktian di gereja dan kegiatan-kegiatan lain. Di beberapa kota diselenggarakan pawai dan acara-acara besar. Sebagian perayaan berpusat pada komunitas Amerika keturunan Italia.

Perayaan Hari Columbus sangat penting bagi warga New York dan San Francisco. Di Hawaii Columbus Day juga disebut Hari Pendaratan dan juga Hari Penemuan.

Namun tidak semua bagian Amerika merayakan Hari Columbus, misalnya di California, Nevada dan Hawaii. Sementara penduduk di South Dakota dan Berkeley, California merayakan hari penduduk pribumi Amerika.

Columbus Day adalah hari besar pemerintah tetapi tidak dirayakan atau tidak dianggap hari besar di beberapa negara bagian.

Kantor-kantor pemerintah dan sekolah-sekolah pada umumnya tutup, namun beberapa perusahaan mungkin tetap buka. Bendera Amerika dikibarkan di gedung-gedung pemerintah.

Christopher Columbus sering dianggap sebagai orang Eropa pertama yang berlayar ke Amerika, dan kadang-kadang digambarkan sebagai penemu dunia baru. Tetapi hal ini untuk sebagian orang masih dianggap kontroversial.

Dikatakan ada bukti sebelum Columbus, para penjelajah Viking dari Skandinavia telah berlayar mengarungi wilayah Atlantik. Selain itu tanah Amerika telah didiami oleh penduduk asli Amerika yang telah menemukan Amerika ribuan tahun sebelumnya.

Columbus Day semula merupakan perayaan warisan warga Amerika keturunan Italia yang pertama diselenggarakan di San Francisco tahun 1869. Perayaan tingkat negara bagian pertama diadakan di Colorado tahun 1907. Kemudian tahun 1937, Columbus Day mulai menjadi hari besar di seluruh Amerika Serikat.

Tahun 1971 Kongres Amerika menetapkan bahwa Columbus Day atau Hari Columbus diperingati tiap tahun, pada Senin kedua bulan Oktober.
XS
SM
MD
LG