Tautan-tautan Akses

AS

Harga Rumah Amerika Meningkat Bulan Oktober


Harga rumah Amerika meningkat bulan Oktober terbantu oleh kuatnya pasar lapangan kerja. (Foto: ilustrasi)

Harga rumah Amerika meningkat bulan Oktober terbantu oleh kuatnya pasar lapangan kerja. (Foto: ilustrasi)

Pertumbuhan lapangan kerja yang mantap, rendahnya suku bunga kredit rumah dan persediaan barang-barang inventori telah membantu naiknya harga-harga rumah Amerika pada bulan Oktober.

Indeks Standard & Poor's/Case-Shiller untuk harga rumah di 20 kota Amerika meningkat 5.5 % selama periode 12 bulan yang berakhir Oktober lalu, naik dari 5,4 % pada bulan September.

Nilai-nilai rumah naik sekitar 5 % pada sebagian besar tahun 2015, selagi kuatnya perekrutan pekerja meningkatkan pasar perumahan yang masih berusaha bangkit dari krisis perumahan yang memicu resesi delapan tahun lalu. Penjualan rumah meningkat tahun ini sementara tingkat pengagguran 5% memperkuat kepercayaan pada perekonomian.

Meski demikian meningkatnya permintaan rumah belum diimbangi peningkatan rumah yang dijual, menyebabkan harga meningkat lebih cepat dari inflasi atau upah tahun ini. Ini bisa membatasi jumlah pembeli rumah pertama beralih membeli tahun depan. Meski demikian banyak pembeli juga diuntungkan oleh tingkat suku bunga tetap kredit rumah selama 30 tahun yang rata-rata di bawah 4 %, menjadikannya lebih murah untuk mengambil kredit rumah. Suku bunga kredit rumah pernah mendekati 6 %.

Biaya kredit diperkirakan akan meningkat tidak lama setelah Bank Sentral Amerika bulan ini menaikkan suku bunga pinjaman jangka pendek yang penting, untuk pertama kalinya selama hampir satu dekade. [my/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG