Tautan-tautan Akses

Hanya Sedikit Kemajuan untuk Capai Perjanjian Perubahan Iklim


Upaya mengatasi perubahan iklim saat ini hanya mengurangi peningkatan pemanasan global 1 derajat Celcius (foto: ilustrasi).

Upaya mengatasi perubahan iklim saat ini hanya mengurangi peningkatan pemanasan global 1 derajat Celcius (foto: ilustrasi).

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan para pemimpin dunia telah menyatakan tekad untuk merampungkan perjanjian perubahan iklim dalam konferensi di Paris.

Analisa baru mengenai janji-janji yang dibuat sejumlah negara-baru-baru ini untuk mengatasi perubahan iklim akan mengurangi peningkatan pemanasan global hanya 1 derajat Celcius.

Climate Interactive, organisasi riset nir laba yang berkantor di Washington DC mengatakan proyeksinya didasarkan pada Konvensi PBB mengenai Perubahan Iklim.

Organisasi itu mengatakan angka itu "akan mengarahkan dunia pada kenaikan suhu global menjadi 3,5 derajat Celcius, lebih rendah dari proyeksi kenaikan 4,5 derajat Celcius jika negara-negara terus melakukan upaya seperti sekarang.

Andrew Jones analis Climate Interactive mengatakan dengan janji kontribusi dari negara-negara sekarang ini kemajuan telah dicapai tapi analisa menunjukkan, dengan tindakan lebih jauh, aksi pemanasan global bisa dikurangi di bawah kenaikan dua derajat Celcius.

Hari Minggu (28/9) Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan para pemimpin dunia "telah menyatakan tekad untuk merampungkan perjanjian jangka panjang dan berarti" dalam konferensi perubahan iklim PBB mendatang di Paris. [my/ii]

XS
SM
MD
LG