Tautan-tautan Akses

Hampir 870 Juta Orang di Seluruh Dunia Menderita Kelaparan


Direktur FAO, Jose Graziano da Silva (Foto: dok).

Direktur FAO, Jose Graziano da Silva (Foto: dok).

Laporan terbaru Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mengungkapkan bahwa 12,5 persen penduduk dunia menderita kelaparan.

Badan pangan PBB mengatakan hampir 870 juta orang di seluruh dunia menderita kelaparan kronis. Dalam laporan terbaru yang dirilis hari Selasa (9/10), Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mengungkapkan satu dari delapan orang, atau 12,5 persen penduduk dunia, menderita kelaparan.

Badan pangan itu mengatakan angka baru tersebut lebih rendah daripada perkiraan semula yang menyebutkan jumlah orang yang kelaparan mencapai sekitar 925 juta orang tahun 2010 dan satu miliar tahun 2009.

Menurut direktur FAO, Jose Graziano da Silva, lebih dari 100 juta anak-anak di bawah usia lima tahun kekurangan berat badan. Hal tersebut membuat mereka tidak dapat mencapai potensi kemanusiaan dan sosio-ekonomi mereka sepenuhnya, dan hal tersebut sangat tidak dapat diterima di era peluang teknis dan ekonomi seperti saat ini.

Laporan itu menghendaki pendekatan dua jalur untuk mengatasi kelaparan, yang mencakup dukungan bagi pertumbuhan ekonomi yang luas dan jaringan keamanan bagi orang-orang yang paling rentan menderita kelaparan.
XS
SM
MD
LG